Sabtu, 14 Maret 2009

The Red's "pecundangi" United

The Reds "Pecundangi" MU Di Old Trafford


  • Manchester United 1-4 Liverpool

  • Nemanja Vidic menjadi bencana bagi Manchester United, dengan dua kesalahan yang berakibat fatal.





EPL: Fernando Torres, Manchester United - Liverpool (PA)


Liverpool mengakhiri rekor kemenangan Manchester United (MU) di 16 laga dengan mengempaskannya 4-1 di Old Trafford. Rafa Benitez mencetak kemenangan ke-100-nya.

Cristiano Ronaldo membuka skor untuk MU menit ke-22. Fernando Torres (foto) menyamakan kedudukan menit ke-28, memanfaatkan kesalahan Nemanja Vidic. Tiga menit sebelum laga berakhir, Steven Gerrard membalikkan keadaan menjadi 2-1 usai mengeksekusi hadiah penalti.

Di babak kedua, Vidic kembali melakukan kesalahan dengan menjatuhkan Gerrard. Wasit memberi hadiah tembakan bebas, dan Fabio Aurelio memanfaatkannya untuk mencetak gol ketiga Liverpool menit ke-76.

Memasuki injury time, Andrea Dossena melakukan hal serupa seperti yang dibuatnya dalam laga melawan Real Madrid, dengan mencetak gol keempat The Reds. Fans MU tenggelam dalam duka.

Kemenangan ini membuat selisih angka Liverpool dengan MU hanya empat. Namun MU masih memiliki satu laga sisa.

Laga berlangsung dalam tempo tinggi sejak menit pertama. Kedua tim saling berupaya menguasai lapangan tengah, agar bisa menekan lawannya. Namun kedua tim gagal memperoleh peluang selama 20 menit pertama.

Menit ke-22, penjaga gawang Pepe Reina melakukan kesalahan. Ia keluar sarangnya dan menjatuhkan Park Ji-sung. Wasit mengganjarnya dengan penalti, dan Ronaldo mengeksekusi dengan baik.

Unggul satu gol membuat MU mulai tampak berbahaya, dengan memainkan possesion football. Sedangkan Liverpool terlihat rapuh di lini belakang dan tengah.

Memasuki menit ke-27, giliran Nemanja Vidic melakukan kesalahan. Ia gagal menghalau umpan lambung Marin Skrtel ke arah Fernando Torres. Bola jatuh tempat di kaki Torres, dan Edwin van der Sar tidak memiliki waktu berreaksi. Torres menyamakan kedudukan.

Vidic berupaya memperbaiki kesalahannya dengan terus menjaga pergerakan Torres di kotak penalti. Ronaldo banyak mendapat bola, tapi beberapa kali membuang kesempatan.

Tiga menit sebelum laga berakhir, giliran Liverpool mendapat penalti. Kali ini Patrice Evra yang melakukan kesalahan, dengan melanggar kapten Steven Gerrard. Wasit Alan Wiley menunjuk titik putih, dan Gerrard menjadi algojo.

Edwin van der Sar mampu menebak arah tembakan Gerrard, tapi gagal membloknya karena terlalu keras.

Di babak kedua, Alex Ferguson tidak melakukan perubahan. Ia hanya menginstruksikan pemainnya untuk terus menyerang, dan menekan Liverpool dari berbagai sisi lapangan.

Sejak menit pertama, lini belakang MU kerap dibuat repot oleh aksi Torres. Sedangkan di lini tengah, Anderson dan Michael Carrick berupaya menghentikan aliran serangan Liverpool dengan berupaya menyulitkan Gerrard.

Menit ke-57 Reina melakukan penyelamatan gemilang. Ia menggagalkan umpan silang berbahaya yang diarahkan ke Tevez dengan menjatuhkan diri.

Memasuki menit ke-60, Liverpool berada dalam tekanan hebat, yang membuat Javier Mascherano dan Skrtel terpaksa melakukan pelanggaran keras yang membuatnya diganjar kartu kuning.

Rafa Benitez mulai gundah dengan kinerja lini belakangnya. Menit ke-68 ia menarik keluar Albert Reira dan memasukkan Andrea Dossena. Benitez berharap The Reds kembali ke keseimbangan seperti di babak pertama.

MU memperoleh peluang menyamakan kedudukan menit ke-70, ketika umpan Carrick diterima Tevez dengan baik. Wasit melihat Tevez telah berdiri offside, tapi tidak ada bendera dari hakim garis.

Menit ke-72, Fergie mengeluarkan amunisi pamungkasnya. Ia menarik keluar Anderson, Park dan Carrick, dan memasukkan Ryan Giggs, Paul Scholes, dan Dimitar Berbatov.

Vidic kembali melakukan kesalahan. Kali ini dia menjatuhkan Gerrard di kotak penalti, setelah gagal mengontrol bola dan menghalaunya. Pemain belakang asal Serbia itu diganjar kartu merah, dan Liverpool memperoleh kesempatan mengubah skor lewat tembakan bebas.

Fabio Aurelio menjadi eksekutor. Ia mengarahkan bole ke sudut gawang, yang sulit diblok Van der Sar. Kedudukan berubah menjadi 3-1 untuk Liverpool.

Kehilangan satu pemain di lini belakang membuat MU terlihat timpang. Empat menit sebelum laga berakhir Gerrard mendapat kesempatan memanfaatkan ketimpangan itu, tapi sang kapten gagal memanfaatkn umpan tumit Ryan Babel.


Manchester United: Edwin van der Sar, Nemanja Vidic, Rio Ferdinand, Patrice Evra, John O'Shea, Anderson/Ryan Giggs, Michael Carrick/Dimitar Berbatov, Ji-Sung Park/Paul Scholes, Cristiano Ronaldo, Carlos Tevez, Wayne Rooney.

Liverpool: Pepe Reina, Martin Skrtel, Sami Hyypia, Fabio Aurelio, Jamie Carragher, Javier Mascherano, Lucas, Fernando Torres/Ryan Babbel, Steven Gerrard, Alberto Riera/Andrea Dossena, Dirk Kuyt

0 komentar: