Rabu, 08 April 2009

Manchester United 2-2 FC Porto

Porto Tahan MU Di Old Trafford

  • FC Porto berhasil mengambil keuntungan di leg pertama perempat-final Liga Champions dengan menahan tuan rumah Manchester United.


CL: Cristian Rodriguez, Manchester United v FC Porto (PA)


FC Porto mengakhiri laga di Old Trafford, Rabu (8/4) dinihari WIB dengan skor 2-2. Adalah Mariano Gonzalez yang menjadi pahlawan Porto di laga ini usai mencetak gol penyama kedudukan di menit-menit akhir pertandingan.

Dengan hasil ini, Porto memiliki peluang lebih besar untuk lolos ke semi-final ketimbang MU. Pasalnya, wakil Portugal itu hanya butuh hasil seri tanpa gol, atau 1-1, untuk bisa melenggang.

Sementara skenario MU jauh lebih sulit. Saat berlaga di Dragao Stadium, minggu depan, Wayne Rooney dkk harus memetik kemenangan.

Tampil di bawah tekanan pendukung tuan rumah, Porto malah tampil lebih dominan di 20 menit pertama. Bahkan pasukan Jesualdo Fereira berulang kali memaksa kiper Edwin Van der Sar beraksi menyelamatkan gawangnya.

Setelah berhasil menghalau tendangan jarak jauh Hulk, Van der Sar akhirnya takluk di menit keempat. Adalah Christian Rodriguez yang menjebol gawangnya lewat tendangan kaki kiri terarah, memaksimalkan kesalahan Jonny Evans menyapu bola.

Penjaga gawang MU asal Belanda itu kembali melakukan penyelamatan penting empat menit berselang dengan menghalau tendangan Lisandro Lopez.

Tuan rumah baru bisa membalas di menit 16. Setelah berhasil mementahkan bola hasil sundulan Cristiano Ronaldo, Helton tak bisa berbuat banyak saat berhadapan satu lawan satu dengan Wayne Rooney, yang juga memanfaatkan blunder Bruno Alves yang terlalu pelan mengirim bola backpass ke kiper Porto asal Brasil itu. Rooney pun mudah mengecoh Helton dan menyarangkan bola ke gawang Porto, sekaligus menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Setelahnya, MU kembali tertekan. Van der Sar, yang kini sudah berusia 39 tahun, dipaksa berjibaku menyelamatkan gawangnya oleh sundulan Rodriguez, tendangan Lisandro Lopez dan heading Hulk. Beruntung Van der Sar masih tampil solid di bawah mistar MU. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Di paruh kedua, MU tampil lebih dominan. Sejumlah kesempatan diperoleh pasukan Alex Ferguson, di antaranya tendangan first time Park Ji Sung, chipped Rooney dan sundulan Nemanja Vidic. Namun Helton masih sigap mengamankan gawangnya.

Van Der Sar juga tak ketinggalan menunjukkan kecemerlangannya menjaga gawang MU. Tendangan kaki kiri Lisandro di menit 67 dan drive keras Aly Cissokho semenit berselang berhasil dimentahkannya.

Di menit 76, Rooney nyaris saja membawa timnya memimpin jika saja berhasil menggapai bola crossing kiriman Gary Neville dengan kepalanya. Semenit kemudian, Lisandro juga kembali memberikan ancaman ke gawang MU lewat tendangan keras dari luar kotak penalti. Bola masih mengarah ke dekapan Van der Sar.

Di menit 84, MU akhirnya bisa mencetak gol lagi. Berawal dari lemparan ke dalam Neville, Rooney yang mendapat bola langsung menyodorkan si kulit bundar kepada Carlos Tevez dengan backheel yang langsung dicocor masuk oleh bomber asal Argentina itu.

Namun skor 2-1 bukanlah hasil akhir pertandingan ini. Mariano Gonzalez yang masuk di babak kedua berhasil menjebol gawang Van der Sar satu menit jelang bubaran lewat sontekannya. Ketika peluit panjang dibunyikan, skor 2-2 tetap bertahan.

Susunan Pemain:

Manchester United (4-5-1): Van der Sar; O'Shea, Evans (Neville 72), Vidic, Evra; Ronaldo, Carrick, Scholes (Tevez 72), Park (Giggs 59); Fletcher, Rooney.

Porto (4-3-3): Helton; Sapunaru, Rolando, Bruno Alves, Cissokho; Meireles (Mariano Gonzalez 80), Fernando, Lucho Gonzalez; Cristian Rodriguez (Costa 80), Hulk, Lisandro Lopez.




Klu mw lihat hasil pertandinganya, dan pertandingan lain Liga Champions,
di Blog ku di sini!!!

0 komentar: