Rabu, 29 April 2009

Manchester United 1-0 Arsenal

O'Shea Bawa MU Ungguli Arsenal

  • Manchester United mengantongi modal penting untuk bisa lolos ke final Liga Champions.


CL: John O'Shea, Manchester United v Arsenal (PA)


Manchester United sukses mengungguli Arsenal di leg pertama semi-final Liga Champions, Kamis (30/4) dinihari WIB. Bermain di Old Trafford, MU unggul tipis 1-0.

Dengan hasil ini MU hanya butuh hasil seri di leg kedua untuk bisa melenggang ke partai final untuk melawan pemenangan duel Barcelona kontra Chelsea.

Namun usaha MU diprediksi akan lebih sulit mengingat di pertandingan berikutnya akan dilangsungkan di Emirates Stadium, kandang Arsenal, pekan depan.

Sementara Arsenal, meski bermain di hadapan pendukungnya sendiri, tetap harus merealisasikan misi sulit menjebol dua kali gawang MU tanpa harus kebobolan untuk bisa melenggang ke final.

Jalannya Pertandingan

Adapun laga leg pertama di Old Trafford berjalan menarik. MU yang mendapat dukungan penuh fansnya langsung tampil menyerang dan menekan pertahanan Arsenal. Alhasil, belum genap pertandingan berjalan dua menit, Wayne Rooney sudah membuat Manuel Almunia berjibaku menyelamatkan gawangnya.

Bomber gempal MU itu sukses menyambut bola umpan silang Darren Fletcher dan menempatkan bola dengan kepalanya di tiang jauh gawang Arsenal. Namun Almunia masih sigap menghalau bola.

Di menit 16, giliran Carlos Tevez menguji ketangguhan kiper asal Spanyol itu. Sekali lagi, Almunia sukses menghalau bola sontekan Tevez yang menyambut umpan John O'Shea.

Semenit berikutnya, Almunia takluk. Adalah O'Shea yang menjebol gawang Arsenal setelah sempat terjadi kemelut di kotak penalti lewat tendangan kerasnya. 1-0 untuk tuan rumah.

Arsenal yang lebih banyak tertekan akhirnya bangkit menyerang. Peluang pun didapat Cesc Fabregas lewat tendangan keras dari kotak luar penalti, walau arahnya masih tepat di pelukan Edwin Van der Sar.

Almunia kembali melakukan penyelamatan penting di menit 29. Yang pertama ketika dia berhasil menepis sundulan Cristiano Ronaldo, dan yang berikutnya ketika ia masih mampu menangkap tendangan keras Anderson.

Memasuki babak kedua pertandingan sedikit berimbang. Arsenal bisa memberi tekanan walau tak sampai masuk ke zona pertahanan MU.

Walau demikian tercipta sedikit peluang untuk menyamakan kedudukan, salah satunya lewat tendangan voli Emmanuel Adebayor di menit 60. Namun bola masih tinggi dari gawang Van der Sar.

Di menit 69, Ronaldo nyaris kembali menciptakan gol spektakuler lewat tendangan keras dari jarak jauh jika saja bola tidak mengenai mistar atas gawang Almunia. Usaha Michael Carrick di menit 72 juga masih melebar dari sasaran.

Di menit 78, Ryan Giggs, yang mencatat caps ke-800 untuk MU setelah masuk menggantikan Anderson di menit 67, berhasil menggandakan keunggulan MU setelah menerima umpan terobosan Rooney. Namun wasit Claus Bo Larsen menganulir setelah asisten wasit 2 terlebih dahulu mengangkat bendera tanda offside.

Menit 85, Nicklas Bendtner nyaris menyamakan kedudukan saat terbang menyambut bola sepakan bebas Fabregas. Akan tetapi dia gagal mengarahkan bola ke gawang MU meski menang duel udara melawan Van Der Sar.

Empat menit di fase injury time berlangsung menegangkan. Akan tetapi hingga peluit panjang dibunyikan tak ada lagi gol tercipta. MU mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 1-0.

Susunan Pemain
Manchester United:
1-Edwin van der Sar; 22-John O’Shea, 5-Rio Ferdinand (23-Jonny Evans 88), 15-Nemanja Vidic, 3-Patrice Evra; 24-Darren Fletcher, 16-Michael Carrick, 8-Anderson (11-Ryan Giggs 67); 7-Cristiano Ronaldo, 32-Carlos Tevez (9-Dimitar Berbatov 67), 10-Wayne Rooney.

Arsenal:
1-Manuel Almunia; 3-Bacary Sagna, 5-Kolo Toure, 18-Mikael Silvestre, 40-Kieran Gibbs; 2-Abou Diaby, 17-Alex Song; 14-Theo Walcott (26-Nicklas Bendtner 71) , 4-Cesc Fabregas, 8-Samir Nasri; 25-Emmanuel Adebayor (9-Eduardo da Silva 83).

0 komentar: