Rabu, 15 April 2009

FC Porto 0-1 Manchester United

Ronaldo Bawa MU Ke Semifinal

  • Manchester United memastikan meraih satu tempat ke semi-final Liga Champions usai menundukkan Porto secara agregate.


CL: Cristiano Ronaldo, Porto - Manchester United (PA)


Setelah ditahan 2-2 di Old Trafford pada leg pertama perempat-final Liga Champions pekan lalu, MU sukses memetik kemenangan atas Porto di pertemuan kedua mereka.

Bermain di Dragao Stadium, Kamis (16/4) dinihari WIB, MU menang dengan skor tipis 1-0. Adalah Cristiano Ronaldo yang menjadi pencetak gol tunggal di pertandingan tersebut.

Dengan hasil itu, MU mengungguli Porto secara agregate, dengan akumulasi 3-2. Itu artinya MU berhak mendapat tiket ke semi-final Liga Champions. Peluang untuk meraih quintuple gelar pun tetap terbuka.

Sementara Porto harus rela mengepak koper mereka dan gagal mengulangi prestasi di tahun 2004, di mana saat itu mereka berhasil mempecundangi MU dan akhirnya keluar menjadi juara.

Jalannya Pertandingan

Tampil di hadapan publiknya sendiri, Porto langsung tampil menekan. Peluang untuk unggul pun didapat di menit-menit awal. Namun tuan rumah malah kecolongan lewat gol spektakuler Cristiano Ronaldo.

Forward MU itu berhasil melesakkan bola di menit keenam lewat tendangan keras jarak jauh yang menghujam tajam di sudut gawang Helton.

Porto langsung bereaksi. Bruno Alves nyaris saja menyamakan kedudukan di menit 21 via tendangan bebas yang hanya tipis menyamping dari gawang Edwin Van Der Sar. Tendangan Lisandro Lopez empat menit berselang juga masih mudah ditangkap kiper asal Belanda itu.

MU nyaris memperbesar keunggulan mereeka di meenit 30, jika saja tendangan voli Ryan Giggs dari dalam kotak penalti tidak mampu ditahan Helton. Nemanja Vidic juga tak mampu melesakkan bola ke gawang Porto di menit-menit akhir babak pertama dengan sontekannya.

Laga di babak kedua diwarnai oleh turunnya hujan. Namun pertandingan tetap berjalan menarik karena kedua tim memainkan permainan terbuka.

Meski demikian, MU jauh lebih dominan ketimbang tuan rumah Porto, termasuk saat satu lawan satu antara lini belakang MU dengan barisan depan Porto. Solidnya Rio Ferdinand dan Vidic mengawal barisan belakang yang membuat tuan rumah kesulitan menembus pertahanan MU.

Memasuki pertengahan pertandingan, Porto tampil lebih menekan. Kesempatan pun didapat Ronaldo di menit 78 lewat sundulan. Namun bola kirimannya masih tinggi di atas mistar gawang MU. Demikian juga tendangan salto Marco Farias di menit 81.

Lisandro Lopez mendapat peluang matang di menit 85 usai mendapat sodoran bola dari Mariano Gonzalez. Akan tetapi, bola hasil sontekannya terlalu lemah dan masih tepat dalam dekapan Van der Sar.

Di sisa waktu yang ada, Porto terus menggempur pertahanan MU. Akan tetapi, skor 1-0 tidak berubah, yang membuat tim tamu berhak melenggang ke semi-final Liga Champions.

Susunan Pemain
Porto:
1-Helton; 21-Cristian Sapunaru (20-Tomas Costa 80), 14-Rolando, 2-Bruno Alves, 28-Aly Cissokho; 8-Lucho Gonzalez (11-Mariano 31), 25-Fernando, 16-Raul Meireles; 9-Lisandro Lopez, 12-Hulk, 10-Cristian Rodriguez (19-Ernesto Farias 64).

Manchester United: 1-Edwin van der Sar; 22-John O’Shea, 5-Rio Ferdinand, 15-Nemanja Vidic, 3-Patrice Evra; 8-Anderson (18-Paul Scholes 78), 16-Michael Carrick, 11-Ryan Giggs; 7-Cristiano Ronaldo, 9-Dimitar Berbatov (17-Nani 68), 10-Wayne Rooney.




Di sini!!!

0 komentar: