Selasa, 14 April 2009

Chelsea 4-4 Liverpool

Delapan Gol Tercipta, Chelsea Ke Semi-Final

  • Chelsea berhasil lolos ke semi-final setelah melakoni laga panas dan dramatis melawan Liverpool yang berujung pada terciptanya delapan gol.


CL: Frank Lampard, Chelsea v Liverpool (PA)


Chelsea yang memetik kemenangan 3-1 di leg pertama pekan lalu, hanya mampu bermain imbang di leg kedua perempat-final Liga Champions melawan Liverpool. Tak tanggung-tanggung, dalam laga yang dilangsungkan di Stamford Bridge, Rabu (15/4) dinihari itu berkesudahan 4-4.

Dengan hasil itu, Chelsea berhak meraih tiket semi-final Liga Champions untuk menghadapi Barcelona yang unggul 5-1 secara agregat atas Bayern Munich. Adapun Chelsea unggul 7-5 secara agregat dari Liverpool.

Dengan demikian, peluang Liverpool meraih gelar hanya akan ada di kompetisi domestik, Liga Primer Inggris dan Piala FA. Sementara Chelsea berkesempatan meraih treble musim ini.

Jalannya Pertandingan

Adapun laga di kandang Chelsea itu berlangsung menarik. Liverpool yang tidak diunggulkan malah tampil mengejutkan di paruh pertama.

Fernando Torres mendapat kesempatan pertama untuk mencetak gol di menit 13. Namun bola hasil tendangan kaki kirinya masih kurang tepat sasaran. Frank Lampard, sesaat kemudian, juga nyaris mencetak gol jika saja bola tembakannya tidak melebar.

Di menit 19, Liverpool berhasil unggul. Fabio Aurelio menjadi pencetak gol setelah dengan cerdik melihat celah kecil untuk melesakkan bola ke gawang Petr Cech lewat tendangan bebasnya.

Sembilan menit berselang, skor kembali berubah dan kini menjadi 2-0. Kali ini, Xabi Alonso yang menjadi pencetak gol lewat titik putih penalti setelah Branislav Ivanovic menarik gelandang asal Spanyol itu di kotak terlarang.

Meski telat, Chelsea akhirnya bereaksi. Namun rapatnya pertahanan Liverpool membuat usaha pasukan Guus Hiddink itu tak membuahkan hasil.

Sementara Liverpool nyaris memperbesar keunggulannya di menit-menit akhir babak pertama. Sundulan Dirk Kuyt adalah yang pertama mengancam, namun bisa dihalau Cech. Berikutnya, kemelut di kotak penalti Chelsea. Beruntung lini belakang tim tuan rumah bisa menjauhkan bola dari gapaian kaki pemain Liverpool.

Di awal babak kedua, Liverpool langsung menekan. Namun malah Chelsea yang bisa mencuri gol setelah Pepe Reina gagal mengantisipasi bola kiriman Nicolas Anelka yang disontek Didier Drogba. Kiper Liverpool itu diklaim mencetak gol bunuh diri di menit 50.

Drogba nyaris menyamakan kedudukan beberapa menit kemudian. Namun Alex yang berhasil mengubah skor menjadi 2-2 di menit 57 lewat tendangan bebasnya yang menghujam tajam ke gawang Reina.

Liverpool yang butuh dua gol untuk bisa lolos pun langsung menekan Chelsea dan memaksa tuan rumah hanya mengandalkan counter attack.

Di menit 70, Fernando Torres nyaris mencetak gol cantik jika saja bola hasil tendangan melengkungnya tidak mengarah keluar dari mistar gawang Chelsea.

Lima menit berselang, Chelsea berbalik unggul setelah pergerakan apik Drogba di sisi kanan pertahanan Liverpool, yang kemudian mengirim bola ke tengah kotak penalti untuk kemudian dituntaskan oleh Frank Lampard.

Di menit 80, Liverpool berhasil menyamakan kedudukan menjadi 3-3 setelah tendangan spekulasi Lucas Leiva berganti arah menjauh dari jangkauan Cech usai mengenai salah satu pemain belakang Chelsea.

Dua menit berselang, giliran Dirk Kuyt yang menjebol gawang Cech lewat sundulannya, memaksimalkan bola crossing Albert Riera.

Namun Lampard kembali membuat skor kembali sama kuat lewat tendangan kerasnya yang mengenai mistar dan bola memantul ke dalam gawang Reina.

David N'Gog nyaris saja membuat Liverpool kembali unggul jika saja bola sepakannya tidak dihalau Michael Essien dengan kepalanya. Keberhasilan gelandang asal Ghana itu menghalau bola sekaligus menutup peluang Liverpool untuk melangkah ke semi-final karena takluk secara agregat. Chelsea pun menjadi wakil Inggris pertama yang lolos.

Susunan Pemain
Chelsea:
1-Petr Cech; 2-Branislav Ivanovic, 33-Alex, 6-Ricardo Carvalho, 3-Ashley Cole; 13-Michael Ballack, 5-Michael Essien, 8-Frank Lampard; 21-Salomon Kalou (39-Nicolas Anelka 36), 11-Didier Drogba (9-Franco Di Santo 90+4), 15-Florent Malouda.

Liverpool: 25-Pepe Reina; 17-Alvaro Arbeloa (19-Ryan Babel 85), 37-Martin Skrtel, 23-Jamie Carragher, 12-Fabio Aurelio; 14-Xabi Alonso, 20-Javier Mascherano (11-Albert Riera 69), 21-Lucas; 18-Dirk Kuyt, 15-Yossi Benayoun; 9-Fernando Torres (24-David Ngog 80).


Di sini!!!

0 komentar: