Rabu, 29 April 2009

Manchester United 1-0 Arsenal

O'Shea Bawa MU Ungguli Arsenal

  • Manchester United mengantongi modal penting untuk bisa lolos ke final Liga Champions.


CL: John O'Shea, Manchester United v Arsenal (PA)


Manchester United sukses mengungguli Arsenal di leg pertama semi-final Liga Champions, Kamis (30/4) dinihari WIB. Bermain di Old Trafford, MU unggul tipis 1-0.

Dengan hasil ini MU hanya butuh hasil seri di leg kedua untuk bisa melenggang ke partai final untuk melawan pemenangan duel Barcelona kontra Chelsea.

Namun usaha MU diprediksi akan lebih sulit mengingat di pertandingan berikutnya akan dilangsungkan di Emirates Stadium, kandang Arsenal, pekan depan.

Sementara Arsenal, meski bermain di hadapan pendukungnya sendiri, tetap harus merealisasikan misi sulit menjebol dua kali gawang MU tanpa harus kebobolan untuk bisa melenggang ke final.

Jalannya Pertandingan

Adapun laga leg pertama di Old Trafford berjalan menarik. MU yang mendapat dukungan penuh fansnya langsung tampil menyerang dan menekan pertahanan Arsenal. Alhasil, belum genap pertandingan berjalan dua menit, Wayne Rooney sudah membuat Manuel Almunia berjibaku menyelamatkan gawangnya.

Bomber gempal MU itu sukses menyambut bola umpan silang Darren Fletcher dan menempatkan bola dengan kepalanya di tiang jauh gawang Arsenal. Namun Almunia masih sigap menghalau bola.

Di menit 16, giliran Carlos Tevez menguji ketangguhan kiper asal Spanyol itu. Sekali lagi, Almunia sukses menghalau bola sontekan Tevez yang menyambut umpan John O'Shea.

Semenit berikutnya, Almunia takluk. Adalah O'Shea yang menjebol gawang Arsenal setelah sempat terjadi kemelut di kotak penalti lewat tendangan kerasnya. 1-0 untuk tuan rumah.

Arsenal yang lebih banyak tertekan akhirnya bangkit menyerang. Peluang pun didapat Cesc Fabregas lewat tendangan keras dari kotak luar penalti, walau arahnya masih tepat di pelukan Edwin Van der Sar.

Almunia kembali melakukan penyelamatan penting di menit 29. Yang pertama ketika dia berhasil menepis sundulan Cristiano Ronaldo, dan yang berikutnya ketika ia masih mampu menangkap tendangan keras Anderson.

Memasuki babak kedua pertandingan sedikit berimbang. Arsenal bisa memberi tekanan walau tak sampai masuk ke zona pertahanan MU.

Walau demikian tercipta sedikit peluang untuk menyamakan kedudukan, salah satunya lewat tendangan voli Emmanuel Adebayor di menit 60. Namun bola masih tinggi dari gawang Van der Sar.

Di menit 69, Ronaldo nyaris kembali menciptakan gol spektakuler lewat tendangan keras dari jarak jauh jika saja bola tidak mengenai mistar atas gawang Almunia. Usaha Michael Carrick di menit 72 juga masih melebar dari sasaran.

Di menit 78, Ryan Giggs, yang mencatat caps ke-800 untuk MU setelah masuk menggantikan Anderson di menit 67, berhasil menggandakan keunggulan MU setelah menerima umpan terobosan Rooney. Namun wasit Claus Bo Larsen menganulir setelah asisten wasit 2 terlebih dahulu mengangkat bendera tanda offside.

Menit 85, Nicklas Bendtner nyaris menyamakan kedudukan saat terbang menyambut bola sepakan bebas Fabregas. Akan tetapi dia gagal mengarahkan bola ke gawang MU meski menang duel udara melawan Van Der Sar.

Empat menit di fase injury time berlangsung menegangkan. Akan tetapi hingga peluit panjang dibunyikan tak ada lagi gol tercipta. MU mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 1-0.

Susunan Pemain
Manchester United:
1-Edwin van der Sar; 22-John O’Shea, 5-Rio Ferdinand (23-Jonny Evans 88), 15-Nemanja Vidic, 3-Patrice Evra; 24-Darren Fletcher, 16-Michael Carrick, 8-Anderson (11-Ryan Giggs 67); 7-Cristiano Ronaldo, 32-Carlos Tevez (9-Dimitar Berbatov 67), 10-Wayne Rooney.

Arsenal:
1-Manuel Almunia; 3-Bacary Sagna, 5-Kolo Toure, 18-Mikael Silvestre, 40-Kieran Gibbs; 2-Abou Diaby, 17-Alex Song; 14-Theo Walcott (26-Nicklas Bendtner 71) , 4-Cesc Fabregas, 8-Samir Nasri; 25-Emmanuel Adebayor (9-Eduardo da Silva 83).

Selasa, 28 April 2009

Barcelona 0-0 Chelsea

Barca Membentur Tembok Chelsea

  • Barcelona gagal meraih kemenangan dan hanya bermain imbang 0-0 menghadapi Chelsea di leg pertama semi-final Liga Champions


Daniel Alves, Didier Drogba, Xavi Hernandez, Barcelona-Chelsea (MARCA)



Bertanding di kandang sendiri, Rabu (29/4) dinihari WIB, di Nou Camp, Barcelona memang lebih menguasai permainan. Turun dengan formasi terbaiknya, tim asuhan Pep Guardiola ini memegang kendali serangan sejak awal pertandingan.

Sedangkan The Blues sepertinya sengaja memasang taktik bertahan, terbukti pelatih Guus Hiddink memasang Michael Essien dan Jon Obi Mikel di posisi gelandang bertahan.

Statistik menunjukkan, tim tuan rumah sangat dominan dengan 71 persen menguasai bola, serta 19 kali melepaskan tembakan sedangkan Chelsea hanya tiga kali. Lini belakang Barca nyaris tidak mendapat ancaman berarti dari pemain Chelsea.

Sedangkan Barca dibiarkan leluasa menguasai bola, tapi begitu memasuki lini pertahanan mereka langsung dikepung para pemain Chelsea.

Barca yang tetap mengandalkan trio maut, Messi, Eto'o dan Henry, seperti membentur tembok menghadapi Chelsea yang kerap menumpuk pemain di lini belakang. Bosingwa yang ditugaskan mengawal Messi mampu menjalankan tugasnya dengan cukup baik.

Selain itu, Peter Cech juga tampil gemilang dan beberapa kali menggagalkan peluang emas Barca. Salah satunya, tendangan Iniesta dari jarak dekat yang bisa ditepis Cech dengan gerakan reflek. Sementara peluang emas tim tamu didapat Drogba di babak pertama tapi masih bisa digagalkan Valdes.

Hasil tanpa gol ini memang menguntungkan Chelsea, apalagi Carles Puyol harus absen karena akumulasi kartu. Tapi dalam leg kedua di Stamford Bridge nanti segala kemungkinan masih bisa terjadi.

Susunan pemain
Barcelona:
Valdes; Pique, Marquez/Puyol (52), Abidal, Alves, Yaya Toure, Iniesta, Xavi, Henry/Hleb (87), Eto'o/Bojan (82), Messi
Chelsea: Cech; Terry, Alex, Bosingwa, Ivanovic, Obi Mikel, Ballack/Anelka (90), Lampard/Belletti (71), Malouda, Essien, Drogba

Champions League 08/09

Champions League

SEMIFINAL
Leg 1


(28/04)
Barcelona 0-0 Chelsea

(29/04)
Manchester United - Arsenal

Minggu, 26 April 2009

Sevilla 2-4 Real Madrid

Raul Bangkitkan Madrid

  • Hattrick kapten Raul Gonzales menginspirasikan kemenangan Real Madrid 4-2 atas tuan rumah Sevilla. Kini Madrid hanya berselisih empat poin dari Barcelona...


Raul, Sevilla-Real Madrid (MARCA)


Kapten Raul Gonzales membawa Real Madrid tinggal berselisih empat poin dari tampuk klasemen Primera Liga Spanyol yang diduduki Barcelona. Raul mempersembahkan hattrick ke gawang Sevilla untuk kemenangan 4-2 yang diukir Los Merengues.

Tuan rumah sebenarnya unggul lebih dahulu ketika Renato Dirnei mencetak gol pada menit ke-16. Pemain muda Diego Perotti beraksi di sayap kiri dan melepaskan umpan ke arah Renato, yang berada di antara Christoph Metzelder dan Miguel Torres, untuk melepaskan sundulan yang tak mampu dibendung Iker Casillas.

Gonzalo Higuain balas beraksi dengan memetik peluang untuk menyamakan kedudukan. Tapi, dua peluang yang didapatnya sebelum setengah jam pertandingan dapat dimentahkan Andres Palop dan melebar dari sasaran.

Gol balasan baru tercipta sesaat sebelum jeda. Metzelder, yang dimainkan untuk mengisi posisi Pepe, menjadi otak terciptanya gol. Bek asal Jerman itu melepaskan umpan rendah yang dibelokkan Raul untuk menjebol gawang Palop.

Setelah gol tercipta, semangat bertanding Madrid meledak dan tak terbendung lagi. Jesus Navas sempat menguji kebolehan Casillas lewat tendangan dari jarak 25 meter, tapi justru tim tamu yang menciptakan keunggulan.

Pada menit ke-63, Miguel Torres membuka kesempatan bagi Raul untuk melepaskan tendangan keras. Palop tak mampu menahannya dan Madrid balik unggul, 2-1. Tiga menit berselang, Raul melengkapi hattrick ketika memanfaatkan keteledoran Palop saat mengamankan umpan Higuain. Gol tersebut menjadi yang ke-18 bagi sang kapten musim ini.

Kontribusi Raul dalam pertandingan berakhir beberapa menit kemudian saat digantikan Klaas-Jan Huntelaar, tapi itu sudah cukup mengamankan keunggulan Madrid.

Pemain pengganti Diego Capel sempat membalas satu gol pada menit ke-80. Sayap internasional Spanyol itu memanfaatkan kegagalan Sergio Ramos menghalau umpan silang Navas.

Alih-alih menciptakan gol penyeimbang, gawang Palop kembali bobol pada injury time. Marcelo beraksi membelah pertahanan Sevilla dan dengan tenang menaklukkan Palop untuk kali keempat.

Kekalahan membuat Sevilla didekati Valencia hanya dengan selisih satu poin di posisi empat besar klasemen.

Susunan pemain:
Sevilla
Palop; Escude, Prieto, Navarro, Adriano; Romaric / Maresca (80'), Duscher / Luis Fabiano (60'), Renato, Navas, Perotti / Capel (65'); Kanoute.
Madrid Casillas; Miguel Torres, Ramos, Metzelder, Cannavaro; Lass, Gago, Guti / Javi Garcia (78'), Marcelo; Raul / Huntelaar (68'), Higuain / Van der Vaart (85').

klu mw liad hasil pertandingannya, atw hasil Serie A lainnya,
Di sini!!!

Napoli 1-0 Inter Milan

Napoli Taklukkan Inter

  • Napoli membuka persaingan scudetto kembali hangat berkat kemenangan tipis atas Inter Milan.


Ibrahimovic-Aronica - Napoli-Inter Serie A (Grazia Neri)


Sebelum pertandingan menghadapi Inter Milan, Napoli tidak pernah memetik kemenangan sejak 11 Januari. Di tengah krisis cedera yang menimpa dan hukuman akumulasi untuk kapten Paolo Cannavaro, Napoli tidak diunggulkan. Namun, gol Marcelo Zalayeta ternyata tak bisa ditandingi Inter sehingga memberikan kemenangan pertama bagi pelatih Roberto Donadoni.

Inter sebenarnya menguasai pertandingan sejak awal. Walter Samuel nyaris mencetak gol melalui sundulan dari jarak dekat saat pertandingan baru berjalan dua menit. Napoli membalasnya tujuh menit kemudian ketika tendangan Ezequiel Lavezzi harus diblok susah payah oleh Cristian Chivu.

Kedua tim saling mengancam sepanjang babak pertama, terutama peluang yang banyak diciptakan oleh Lavezzi. Namun, tiga tendangannya meleset dari sasaran dan kiper Julio Cesar tak banyak mengalami cobaan.

Napoli mulai bangkit setelah jeda. Donadoni tampaknya menginstruksikan para pemainnya agar tampil lebih menekan di lini depan. Peluang pun lebih banyak tercipta.

Di tengah kesulitan menuai tendangan yang mengarah tepat ke gawang, pada menit ke-57 German Denis mendapat bola di dalam kotak, tapi ekesekusi akhirnya mampu dihalau Ivan Cordoba.

Tak berapa lama, Denis digantikan dengan Zalayeta, pemain yang mencetak gol kemenangan ke gawang Inter musim lalu. Meski demikian kuartet pertahanan Inter tetap sulit ditembus Partenopei.

Zlatan Ibrahimovic nyaris memecah kebuntuan pada menit ke-68 melalui tendangan bebas yang keras dari jarak 35 meter. Nicolas Navarro dapat mencegah bola melesak masuk ke dalam gawangnya.

Lima menit kemudian, justru tuan rumah yang menciptakan keunggulan. Lavezzi menarik perhatian serangkaian pemain belakang lawan sebelum memberikan bola kepada Zalayeta, yang tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Gawang Julio Cesar pun jebol.

Tertinggal, Jose Mourinho mengubah strategi dengan memasukkan Julio Cruz memasukkan Patrick Vieira. Nerazzurri beralih formasi menjadi 4-3-3 sepanjang 15 menit terakhir. Sementara itu, kepercayaan diri Napoli mulai tumbuh.

Tuan rumah nyaris menggandakan keunggulan ketika Manuele Blasi memaksa Julio Cesar melakukan penyelamatan melalui tendangan dari jarak 20 meter.

Sepanjang empat menit tambahan injury time, Inter tak mampu membalas gol Zalayeta. Kekalahan ini memangkas keunggulan Inter di puncak klasemen Serie A tinggal menjadi tujuh poin dari kejaran AC Milan.

Susunan pemain:
Napoli
Navarro; Santacroce, Contini, Aronica; Montervino, Amodio / Bogliacino (89') , Blasi, Hamsik, Mannini; Lavezzi / Datolo (83'), Denis / Zalayeta (63').
Inter Julio Cesar; Zanetti, Cordoba, Samuel, Chivu / Maxwell (81'); Vieira / Cruz (75'), Cambiasso, Stankovic, Figo / Mancini (70'); Balotelli, Ibrahimovic.

klu mw liad hasil pertandingannya, atw hasil Serie A lainnya,
Di sini!!!

Sabtu, 25 April 2009

La Liga: Jornada 33

La Liga

(25/04)
Malaga 1-1 Deportivo
Almeria 2-1 Numancia
Valencia 2-2 Barcelona

(26/04)
Getafe 1-2 Villarreal
Recreativo 2-4 Mallorca
Valladolid 0-0 Osasuna
Athletic Bilbao 2-1 Racing
Espanyol 2-0 Betis
Sevilla 2-4 Real Madrid
Atletico de Madrid 3-1 Sporting de Gijon

Serie A Giornata 33

Serie A

(25/04)
Chievo 1-2 Udinese
Fiorentina 4-1 AS Roma

(26/04)
Lazio 0-1 Atalanta
Torino 10- Siena
Milan 3-0 Palermo
Reggina 2-2 Juventus
Sampdoria 3-3 Cagliari
Bologna 2-0 Genoa
Lecce 2-1 Catania
Napoli 1-0 Inter

EPL Matchday 34

EPL


(25/04)
Fulham 1-0 Stoke
Bolton 1-1 Aston Villa
Everton 1-2 Manchester City
West Bromwich 3-0 Sunderland
Hull 1-3 Liverpool
West Ham 0-1 Chelsea
Manchester United 5-2 Tottenham

(26/04)
Arsenal 2-0 Middlesbrough
Blackburn 2-0 Wigan Athletic

(27/04)
Newcastle - Portsmouth

Sabtu, 18 April 2009

La Liga: Jornada 31


La Liga

(19/04)
Getafe 0-1 Barcelona
Athletic Bilbao 0-1 Deportivo
Atletico de Madrid 3-0 Numancia
Recreativo 0-1 Real Madrid

Malaga 0-1 Mallorca


(20/04)
Valladolid 0-0 Villarreal
Almeria 2-1 Osasuna
Espanyol 1-0 Racing
Valencia 3-1 Sevilla
Betis 2-0 Sporting de Gijon

Serie A Giornata 32


Serie A

(18/04)
Genoa 0-1 Lazio
Juventus 1-1 Inter

(19/04)

Atalanta 0-1 Reggina
Siena 0-2 Chievo
Palermo 4-1 Bologna
Udinese 3-1 Fiorentina
Catania 2-0 Sampdoria
Cagliari 2-0 Napoli
AS Roma 3-2 Lecce

Milan 5-1 Torino

EPL Matchday 33


EPL


(18/04)
Aston Villa 1-1 West Ham
Portsmouth 1-0 Bolton
Stoke 1-0 Blackburn
Sunderland 1-0 Hull
Middlesbrough 0-0 Fulham

(19/04)
Tottenham 1-0 Newcastle
Manchester City 4-2 West Bromwich


(21/04)

Liverpool 4-4 Arsenal

(22/04)
Chelsea 0-0 Everton

(13/05)
Wigan Athletic - Manchester United

Rabu, 15 April 2009

Arsenal 3-0 Villarreal

Hajar Villarreal, Arsenal Ke Semi-final

  • Arsenal menjadi lawan Manchester United di semi-final Liga Champions usai menundukkan Villarreal.


Gonzalo Rodriguez, Van Persie, Arsenal-Villarreal (PA)


Arsenal meraih satu tiket ke semi-final Liga Champions usai menundukkan Villarreal di Emirates Stadium, Kamis (16/4) dinihari WIB. arsenal menang telak 3-0.

Dengan demikian, setelah di leg pertama pertemuan kedua tim berakhir 1-1, Arsenal unggul 4-1 secara agregate.

Itu artinya, di semi-final akan terjadi pertarungan dua tim asal Inggris, yaitu Arsenal kontra Manchester United. Adapun Setan Merah melenggang usai menundukkan Porto 3-2 secara agregate.

Jalannya Pertandingan

Arsenal langsung menekan pertahanan Villarreal sejak pertandingan dimulai. Kesempatan pun didapat Robin van Persie di menit keenam. Sayangnya, bola hasil sontekannya masih kurang tepat sasaran.

Villarreal membalas lewat tendangan voli Diego Godin di menit kesembilan. Namun bola masih mudah ditangkap Lukasz Fabianski.

Arsenal akhirnya bisa memimpin di menit 11 setelah kerjasama Emmanuel Eboue dan Cesc Fabregas berhasil dituntaskan dengan cerdik oleh Theo Walcott lewat tendangan chips-nya.

Van Persie nyaris menggandakan keunggulan tuan rumah lewat tendangan bebasnya. Namun Diego Lopez berhasil menghalau bola. Akan tetapi si kulit bundar masih di daerah berbahaya Villarreal dan dekat dengan Emmanuel Adebayor. Beruntung sundulannya terlalu lemah dan mengenai Angel Lopez sebelum akhirnya dibuang Rodriguez.

Di babak kedua, Villarreal menjadi bulan-bulanan Arsenal. Si Kapal Selam Kuning seakan menjadi sasaran tembak The Gunners yang membuat mereka tersingkir dari kompetisi Liga Champions musim ini.

Setelah terus menekan, gol kedua Arsenal tercipta tepat satu jam pertandingan berjalan. Kerjasama Fabregas dan Van Persie berakhir dengan sontekan Emmanuel Adebayor yang membuat bola masuk ke gawang Villarreal.

Tujuh menit berselang, Van Persie mengubah kedudukan menjadi 3-0 lewat titik putih penalti. Hadiah tendangan 12 pas diberikan untuk Arsenal setelah Diego Godin dianggap melanggar Walcott.

Keputusan tersebut pun diprotes keras pemain Villarreal. Saking kerasnya, salah satu pemain tim tamu, Sebastien Eguren, harus terusir karena mendapat akumulasi dua kartu kuning.

Kondisi pun menjadi timpang. Namun hingga berakhirnya pertandingan, skor 3-0 tidak berubah dan Arsenal keluar sebagai pemenang.

Susunan Pemain
Arsenal:
21-Lukasz Fabianski; 27-Emmanuel Eboue, 5-Kolo Toure, 18-Mikael Silvestre, 40-Kieran Gibbs; 14-Theo Walcott (15-Denilson 77), 17-Alex Song, 4-Cesc Fabregas, 8-Samir Nasri; 11-Robin van Persie (2-Abou Diaby 77), 25-Emmanuel Adebayor (26-Nicklas Bendtner 83).

Villarreal: 13-Diego Lopez; 18-Angel Lopez, 4-Diego Godin, 2-Gonzalo Rodriguez, 5-Joan Capdevila; 10-Cani (27-Jordi 70), 21-Bruno (15-Nihat Kahveci 64), 6-Sebastian Eguren, 14-Mati Fernandez (11-Ariel Ibagaza 64); 7-Robert Pires; 22-Giuseppe Rossi




Di sini!!!

FC Porto 0-1 Manchester United

Ronaldo Bawa MU Ke Semifinal

  • Manchester United memastikan meraih satu tempat ke semi-final Liga Champions usai menundukkan Porto secara agregate.


CL: Cristiano Ronaldo, Porto - Manchester United (PA)


Setelah ditahan 2-2 di Old Trafford pada leg pertama perempat-final Liga Champions pekan lalu, MU sukses memetik kemenangan atas Porto di pertemuan kedua mereka.

Bermain di Dragao Stadium, Kamis (16/4) dinihari WIB, MU menang dengan skor tipis 1-0. Adalah Cristiano Ronaldo yang menjadi pencetak gol tunggal di pertandingan tersebut.

Dengan hasil itu, MU mengungguli Porto secara agregate, dengan akumulasi 3-2. Itu artinya MU berhak mendapat tiket ke semi-final Liga Champions. Peluang untuk meraih quintuple gelar pun tetap terbuka.

Sementara Porto harus rela mengepak koper mereka dan gagal mengulangi prestasi di tahun 2004, di mana saat itu mereka berhasil mempecundangi MU dan akhirnya keluar menjadi juara.

Jalannya Pertandingan

Tampil di hadapan publiknya sendiri, Porto langsung tampil menekan. Peluang untuk unggul pun didapat di menit-menit awal. Namun tuan rumah malah kecolongan lewat gol spektakuler Cristiano Ronaldo.

Forward MU itu berhasil melesakkan bola di menit keenam lewat tendangan keras jarak jauh yang menghujam tajam di sudut gawang Helton.

Porto langsung bereaksi. Bruno Alves nyaris saja menyamakan kedudukan di menit 21 via tendangan bebas yang hanya tipis menyamping dari gawang Edwin Van Der Sar. Tendangan Lisandro Lopez empat menit berselang juga masih mudah ditangkap kiper asal Belanda itu.

MU nyaris memperbesar keunggulan mereeka di meenit 30, jika saja tendangan voli Ryan Giggs dari dalam kotak penalti tidak mampu ditahan Helton. Nemanja Vidic juga tak mampu melesakkan bola ke gawang Porto di menit-menit akhir babak pertama dengan sontekannya.

Laga di babak kedua diwarnai oleh turunnya hujan. Namun pertandingan tetap berjalan menarik karena kedua tim memainkan permainan terbuka.

Meski demikian, MU jauh lebih dominan ketimbang tuan rumah Porto, termasuk saat satu lawan satu antara lini belakang MU dengan barisan depan Porto. Solidnya Rio Ferdinand dan Vidic mengawal barisan belakang yang membuat tuan rumah kesulitan menembus pertahanan MU.

Memasuki pertengahan pertandingan, Porto tampil lebih menekan. Kesempatan pun didapat Ronaldo di menit 78 lewat sundulan. Namun bola kirimannya masih tinggi di atas mistar gawang MU. Demikian juga tendangan salto Marco Farias di menit 81.

Lisandro Lopez mendapat peluang matang di menit 85 usai mendapat sodoran bola dari Mariano Gonzalez. Akan tetapi, bola hasil sontekannya terlalu lemah dan masih tepat dalam dekapan Van der Sar.

Di sisa waktu yang ada, Porto terus menggempur pertahanan MU. Akan tetapi, skor 1-0 tidak berubah, yang membuat tim tamu berhak melenggang ke semi-final Liga Champions.

Susunan Pemain
Porto:
1-Helton; 21-Cristian Sapunaru (20-Tomas Costa 80), 14-Rolando, 2-Bruno Alves, 28-Aly Cissokho; 8-Lucho Gonzalez (11-Mariano 31), 25-Fernando, 16-Raul Meireles; 9-Lisandro Lopez, 12-Hulk, 10-Cristian Rodriguez (19-Ernesto Farias 64).

Manchester United: 1-Edwin van der Sar; 22-John O’Shea, 5-Rio Ferdinand, 15-Nemanja Vidic, 3-Patrice Evra; 8-Anderson (18-Paul Scholes 78), 16-Michael Carrick, 11-Ryan Giggs; 7-Cristiano Ronaldo, 9-Dimitar Berbatov (17-Nani 68), 10-Wayne Rooney.




Di sini!!!

Selasa, 14 April 2009

Chelsea 4-4 Liverpool

Delapan Gol Tercipta, Chelsea Ke Semi-Final

  • Chelsea berhasil lolos ke semi-final setelah melakoni laga panas dan dramatis melawan Liverpool yang berujung pada terciptanya delapan gol.


CL: Frank Lampard, Chelsea v Liverpool (PA)


Chelsea yang memetik kemenangan 3-1 di leg pertama pekan lalu, hanya mampu bermain imbang di leg kedua perempat-final Liga Champions melawan Liverpool. Tak tanggung-tanggung, dalam laga yang dilangsungkan di Stamford Bridge, Rabu (15/4) dinihari itu berkesudahan 4-4.

Dengan hasil itu, Chelsea berhak meraih tiket semi-final Liga Champions untuk menghadapi Barcelona yang unggul 5-1 secara agregat atas Bayern Munich. Adapun Chelsea unggul 7-5 secara agregat dari Liverpool.

Dengan demikian, peluang Liverpool meraih gelar hanya akan ada di kompetisi domestik, Liga Primer Inggris dan Piala FA. Sementara Chelsea berkesempatan meraih treble musim ini.

Jalannya Pertandingan

Adapun laga di kandang Chelsea itu berlangsung menarik. Liverpool yang tidak diunggulkan malah tampil mengejutkan di paruh pertama.

Fernando Torres mendapat kesempatan pertama untuk mencetak gol di menit 13. Namun bola hasil tendangan kaki kirinya masih kurang tepat sasaran. Frank Lampard, sesaat kemudian, juga nyaris mencetak gol jika saja bola tembakannya tidak melebar.

Di menit 19, Liverpool berhasil unggul. Fabio Aurelio menjadi pencetak gol setelah dengan cerdik melihat celah kecil untuk melesakkan bola ke gawang Petr Cech lewat tendangan bebasnya.

Sembilan menit berselang, skor kembali berubah dan kini menjadi 2-0. Kali ini, Xabi Alonso yang menjadi pencetak gol lewat titik putih penalti setelah Branislav Ivanovic menarik gelandang asal Spanyol itu di kotak terlarang.

Meski telat, Chelsea akhirnya bereaksi. Namun rapatnya pertahanan Liverpool membuat usaha pasukan Guus Hiddink itu tak membuahkan hasil.

Sementara Liverpool nyaris memperbesar keunggulannya di menit-menit akhir babak pertama. Sundulan Dirk Kuyt adalah yang pertama mengancam, namun bisa dihalau Cech. Berikutnya, kemelut di kotak penalti Chelsea. Beruntung lini belakang tim tuan rumah bisa menjauhkan bola dari gapaian kaki pemain Liverpool.

Di awal babak kedua, Liverpool langsung menekan. Namun malah Chelsea yang bisa mencuri gol setelah Pepe Reina gagal mengantisipasi bola kiriman Nicolas Anelka yang disontek Didier Drogba. Kiper Liverpool itu diklaim mencetak gol bunuh diri di menit 50.

Drogba nyaris menyamakan kedudukan beberapa menit kemudian. Namun Alex yang berhasil mengubah skor menjadi 2-2 di menit 57 lewat tendangan bebasnya yang menghujam tajam ke gawang Reina.

Liverpool yang butuh dua gol untuk bisa lolos pun langsung menekan Chelsea dan memaksa tuan rumah hanya mengandalkan counter attack.

Di menit 70, Fernando Torres nyaris mencetak gol cantik jika saja bola hasil tendangan melengkungnya tidak mengarah keluar dari mistar gawang Chelsea.

Lima menit berselang, Chelsea berbalik unggul setelah pergerakan apik Drogba di sisi kanan pertahanan Liverpool, yang kemudian mengirim bola ke tengah kotak penalti untuk kemudian dituntaskan oleh Frank Lampard.

Di menit 80, Liverpool berhasil menyamakan kedudukan menjadi 3-3 setelah tendangan spekulasi Lucas Leiva berganti arah menjauh dari jangkauan Cech usai mengenai salah satu pemain belakang Chelsea.

Dua menit berselang, giliran Dirk Kuyt yang menjebol gawang Cech lewat sundulannya, memaksimalkan bola crossing Albert Riera.

Namun Lampard kembali membuat skor kembali sama kuat lewat tendangan kerasnya yang mengenai mistar dan bola memantul ke dalam gawang Reina.

David N'Gog nyaris saja membuat Liverpool kembali unggul jika saja bola sepakannya tidak dihalau Michael Essien dengan kepalanya. Keberhasilan gelandang asal Ghana itu menghalau bola sekaligus menutup peluang Liverpool untuk melangkah ke semi-final karena takluk secara agregat. Chelsea pun menjadi wakil Inggris pertama yang lolos.

Susunan Pemain
Chelsea:
1-Petr Cech; 2-Branislav Ivanovic, 33-Alex, 6-Ricardo Carvalho, 3-Ashley Cole; 13-Michael Ballack, 5-Michael Essien, 8-Frank Lampard; 21-Salomon Kalou (39-Nicolas Anelka 36), 11-Didier Drogba (9-Franco Di Santo 90+4), 15-Florent Malouda.

Liverpool: 25-Pepe Reina; 17-Alvaro Arbeloa (19-Ryan Babel 85), 37-Martin Skrtel, 23-Jamie Carragher, 12-Fabio Aurelio; 14-Xabi Alonso, 20-Javier Mascherano (11-Albert Riera 69), 21-Lucas; 18-Dirk Kuyt, 15-Yossi Benayoun; 9-Fernando Torres (24-David Ngog 80).


Di sini!!!

Munchen 1-1 Barcelona

Ditahan Bayern, Barca Tetap Melenggang

  • Seperti perkiraan sebelumnya, Barcelona tetap lolos ke semi-final Liga Champions meski di leg kedua hanya mampu bermain imbang melawan Bayern Muenchen.


Ribéry setzt sich gegen Puyol durch (firo)


Bayern Muenchen gagal memberikan kemenangan untuk pendukungnya yang hadir di Allianz Arena, Rabu (15/4) dinihari setelah hanya mampu bermain imbang 1-1 saat menjamu Barcelona.

Dengan hasil itu, Barcelona melenggang ke semi-final Liga Champions setelah secara agregate unggul 5-1 atas Bayern. Di leg pertama, Barcelona menang telak 4-0.

Meski peluang untuk lolos sudah menipis sejak berakhirnya pertandingan di Nou Camp pekan lalu, Bayern masih menunjukkan permainan menyerang untuk, setidaknya, memberi kemenangan untuk fans mereka.

Bayern nyaris saja memimpin ketika pertandingan baru berjalan lima menit, jika saja Luca Toni berhasil memaksimalkan umpan silang Jose Sosa dengan kepalanya.

Baru semenit kemudian Toni berhasil menjebo gawang Victor Valdes. Akan tetapi, gol tersebut dianulir karena striker asal Italia itu lebih dulu terperangkap offside.

Barcelona baru mendapat kesempatan pertama untuk mencetak gol di menit 20 lewat aksi Andres Iniesta. Demikian juga Samuel Eto'o 13 menit kemudian. Akan tetapi, keunggulan agregate gol Barca belum bertambah.

Franck Ribery memiliki peluang di menit 40 lewat tendangan kerasnya, namun kurang tepat sasaran. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Dua menit dimulainya pertandingan di paruh kedua, pendukung tuan rumah dibuat bersorak oleh Ribery. Playmaker asal Prancis itu berhasil melesakkan bola ke gawang Valdes usai mendapat bola sodoran dari Ze Roberto.

Barca langsung berusaha membalas dan usaha mereka terwujud di menit 72. Seydou Keita yang berhasil menyamakan kedudukan usai memaksimalkan bola liar di dalam kotak penalti Bayern.

Meski peluang untuk lolos sudah tertutup, tim tuan rumah masih terus ngotot, demi memuaskan pendukungnya yang menantikan kemenangan. Akan tetapi, hingga peluit pnajng dibunyikan, skor 1-1 bertahan. Barca pun melenggang ke semi-final.

Susunan Pemain
Bayern Munich:
22-Hans Joerg Butt; 30-Christian Lell, 6-Martin Demichelis, 3-Lucio, 21-Philipp Lahm; 20-Jose Ernesto Sosa (8-Hamit Altintop 78), 17-Mark van Bommel, 16-Andreas Ottl, 15-Ze Roberto (24-Tim Borowski 78); 7-Franck Ribery; 9-Luca Toni.

Barcelona: 1-Victor Valdes; 20-Daniel Alves, 3-Gerard Pique, 5-Carles Puyol, 22-Eric Abidal; 6-Xavi, 24-Yaya Toure, 15-Seydou Keita; 10-Lionel Messi, 9-Samuel Eto’o, 8-Andres Iniesta (21-Aleksandr Hleb 78).


Di sini!!!

Senin, 13 April 2009

Champions League 08/09


CHAMPIONS LEAGUE
PEREMPAT FINAL


Leg 2

(15/04)

Chelsea* 4-4 Liverpool(7-5)

Bayern Munich 1-1 *Barcelona(1-5)


(16/04)

Arsenal* 3-0 Villarreal(4-1)

FC Porto 0-1 *Manchester United(2-3)


*Lolos ke babak semifinal

Cole Yakin Liverpool Sudah Tamat

Cole: Liverpool Sudah Tamat

  • Ashley Cole meyakini sangat berat bagi Liverpool untuk bisa lolos ke semifinal Liga Champions.


EPL: Ashley Cole, Arsenal - Chelsea (PA)


Bek-kiri Chelsea dan timnas Inggris ini siap menghadang langkah The Reds di Stamford Bridge dalam leg kedua perempat-final Liga Champions, Rabu (15/4) dinihari WIB.

Cole sangat yakin kemenangan berharga 3-1 di Anfield akan sulit dibalas oleh Liverpool. Menurutnya, mencetak tiga gol balasan di kandang Chelsea dirasa terlalu berat bagi Liverpool.

Meski John Terry dipastikan absen dan timnya sempat kebobolan tiga gol dari Bolton, Cole bersikeras hal itu tak akan banyak berpengaruh pada kekuatan tim.

"Kami telah mencetak hasil bagus di Anfield, bahkan seharusnya bisa mencetak gol lebih banyak lagi. Tapi kemenangan ini sudah cukup, meski kami tak bisa diperkuat John di gim kedua," tuturnya melalui Sky Sports.

"Kehilangan John memang tidak mudah, tapi kami yakin bisa mengatasinya. Mengenai Bolton, kami memang sempat lengah tapi itu dalam posisi kami sudah mencetak empat gol. Tentunya kami tak ingin mengulangi kesalahan seperti itu."

Cole tampil bagus dalam leg pertama dan menjaga ketat pergerakan Dirk Kuyt sehingga serangan Liverpool seperti menemui jalan buntu.

Pemain berusia 28 tahun ini berharap bisa mengulangi performa baiknya di leg kedua ini.

"Saya menghambat laju serangan mereka dari sayap kanan, terutama Kuyt yang biasanya tampil eksplosif. Saya rasa ia adalah salah satu pemain terbaik mereka, dan saya berharap bisa kembali menaklukkannya," harapnya.

Sabtu, 11 April 2009

Genoa 3-2 Juventus

Grifoni Patuk Bianconeri

  • Genoa dengan gemilang menaklukkan Juventus 3-2 di kandang sendiri. Kegagalan meraih poin membuat selisih poin Juve dengan Inter Milan kian lebar di puncak klasemen Serie A Italia.


La gioia di Tiago Motta, festeggiato da Bocchetti, dopo il suo primo goal in Genoa-Juventus (Foto Grazia Neri)


Seperti yang pernah terjadi sebelumnya, ketika Inter Milan kehilangan poin, Juventus gagal memanfaatkan kesempatan dan malah tersungkur 3-2 di kandang Genoa.

Tuan rumah tampil menekan sejak awal pertandingan. Peluang pertama tercipta pada menit ketujuh ketika Giandomenico Mesto memberikan umpan silang kepada lulusan akademi Juve, Raffaele Palladino. Eksekusi Palladino menaklukkan Gianluigi Buffon, tapi Nicola Legrottaglie masih mampu menyapu bola.

Vincenzo Iaquinta sempat mencetak gol, tapi dianulir wasit karena sang striker dianggap sudah berada dalam posisi off-side. Semenit kemudian, aksi Alessandro del Piero memaksa Ivan Juric berjibaku membuang bola keluar lapangan.

Setengah jam pertandingan, pendukung tuan rumah bersorak gembira. Giringan Mesto dari sayap kanan dihentikan pemain belakang Juventus, tapi bola lepas ke arah Thiago Motta. Tanpa berpikir dua kali, gelandang asal Brasil itu melepaskan tendangan keras mendatar yang tak sanggup dihalau Buffon.

Sebelum jeda, wasit memberi hadiah penalti yang dapat dipertanyakan. Del Piero beraksi di dalam kotak dan dihentikan oleh gasakan Matteo Ferrari yang terlihat bersih, tapi wasit punya pandangan lain. Eksekusi diambil sendiri oleh sang kapten dan gol.

Namun, saat injury time menginjak menit ketiga, Motta mengembalikan keunggulan tuan rumah. Tendangan penjuru Juric sukses disundul masuk Motta.

Grifoni tetap mengendalikan pertandingan sepanjang babak kedua. Juve tak mau kalah dan memperoleh peluang ketika Pavel Nedved melepas tendangan yang harus diselamatkan Giuseppe Biava dari garis gawang.

Pada menit ke-65, Mauro Camoranesi melakukan pelanggaran kasar terhadap Giuseppe Sculli. Tanpa ampun, wasit memberinya kartu merah. Juve tetap tidak gentar, Del Piero menciptakan peluang menyamakan kedudukan saat menerima umpan panjang dari Giorgio Chiellini. Setelah melewati Salvatore Bocchetti, aksi Del Piero dihentikan Rubinho yang sudah bergerak menutup ruang tembak sang kapten.

Enam menit pertandingan tersisa, Juve sukses menyamakan kedudukan. Bola liar di antara Nedved dan tiga pemain Genoa mampir ke kaki Iaquinta, yang tak menyia-nyiakan kesempatan untuk menaklukkan Rubinho.

Kedudukan tak bertahan lama, Genoa kembali sukses mengembalikan keunggulan. Pemain pengganti Marco Rossi lolos dari jebakan off-side dan dengan leluasa memberi umpan mudah kepada Palladino untuk menciptakan gol kemenangan.

Kali ini keunggulan tuan rumah berakhir hingga peluit panjang. Grifoni sukses mempertahankan posisi di tempat keempat, sedangkan Bianconeri kini tertinggal sepuluh poin dari Inter di puncak klasemen Serie A.

Susunan pemain:
Genoa
Rubinho; Biava, Ferrari, Bocchetti; Juric, Motta, Mesto / Rossi (42'), Criscito; Palladino, Jankovic / Olivera (80'), Sculli / Papastathopoulos (80').
Juventus Buffon; Zebina / Grygera (74'), Legrottaglie / Marchionni (74'), Chiellini, Molinaro; Marchisio, Poulsen, Nedved, Camoranesi; Iaquinta, Del Piero.


klu mw lihat hasil pertandingannya dan pertandingan Serie A lainnya,
di sini Blogku sini!!!

Hasil Premier League

Round-Up Liga Primer Inggris: Manchester United Belum Terkejar

  • Susunan papan atas klasemen Liga Primer Inggris tetap tak berubah karena tiga besar sama-sama mencetak kemenangan.


EPL: Federico Macheda, Sunderland v Manchester United (PA)


Chelsea 4-3 Bolton Wanderers
Chelsea tetap menjaga peluang dalam perebutan gelar juara Liga Primer berkat kemenangan ketat atas Bolton. Dua gol Didier Drogba, penalti Frank Lampard, dan Michael Ballack membawa Chelsea unggul mudah hingga menit ke-65. Ketika Lampard dan Drogba diganti, Bolton mampu membalas dengan tiga gol dalam rentang 11 menit melalui Andrew O'Brien, Chris Basham, dan Matt Taylor.

Middlesbrough 3-1 Hull City
Tiga menit pertandingan berjalan, Boro unggul melalui gol Tuncay Sanli. Lima menit kemudian, Manucho mencetak gol balasan setelah mendapat umpan silang Nick Barmby. Pemain didikan sendiri Matthew Bates membawa Boro kembali unggul tepat sejam pertandingan. Eks striker Tigers, Marlon King, memastikan kemenangan tuan rumah pada pengujung pertandingan. Hasil ini menjadi kemenangan kedua Boro dalam 20 partai terakhir.

Portsmouth 2-2 West Bromwich Albion
Gol individual Younes Kaboul membawa Pompey unggul sebelum jeda. Tapi, Jonathan Greening dan Chris Bunt membalas untuk West Brom pada babak kedua. Pada menit ke-65, Niko Kranjcar mencetak gol lewat tendangan bebas spektakuler untuk melenyapkan harapan tim tamu pulang dengan angka penuh.

Sunderland 1-2 Manchester United
Sundulan Paul Scholes pada menit ke-19 membuka keunggulan United. Gol tercipta berkat umpan silang Wayne Rooney. Tuan rumah sempat membalas melalui Kenwyne Jones, sepuluh menit setelah jeda. Tapi, pemain muda Federico Macheda kembali tampil sebagai pahlawan, lagi-lagi dengan status pemain cadangan. Hanya 45 detik menginjak lapangan, pemain muda ini mencetak gol yang melapangkan jalan pasukan Sir Alex Ferguson mempertahankan gelar juara liga.

Tottenham Hotspur 1-0 West Ham United
Spurs menjaga peluang untuk lolos ke Eropa berkat gol tunggal Roman Pavlyuchenko. Setelah sembilan menit bermain sebagai pemain pengganti, striker asal Rusia itu mencetak gol ke-14 musim ini dan membuat Tottenham berada di posisi ketujuh klasemen.

Wigan Athletic 1-4 Arsenal
Arsenal memperpanjang rekor tak terkalahkan di liga menjadi 18 pertandingan. Mido sempat membuat Wigan unggul lebih dahulu, tapi Gunners mampu membalasnya pada babak kedua. Theo Walcott mencetak gol penyama kedudukan, sebelum ditambah Mikael Silvestre. Andrey Arshavin memanfaatkan kesalahan Jason Koumas untuk mencetak gol ketiga pada menit ke-89. Pada waktu tersisa, Alexandre Song sukses menyempurnakan kemenangan Arsenal.



Klu mw lihat hasil pertandinganya, dan pertandingan lain Liga Champions,
di Blog ku di sini!!!

La Liga: Jornada 30




La Liga

(11/04)
Barcelona 2-0 Recreativo
Villarreal 0-2 Malaga

(12/04)
Real Madrid 2-0 Valladolid
Mallorca 2-0 Almeria
Osasuna 2-1 Athletic Bilbao
Numancia 0-0 Espanyol
Racing 2-3 Betis
Sporting de Gijon 2-3 Valencia
Sevilla 0-1 Getafe
Deportivo 1-2 Atletico de Madrid

Serie A: Giornata 31



Serie A


(11/04)
Torino 2-1 Catania
Inter 2-2 Palermo
Napoli 0-0 Atalanta
Bologna 1-4 Siena
Chievo 0-1 Milan
Lazio 4-2 AS Roma
Fiorentina 2-1 Cagliari
Lecce 1-3 Sampdoria
Genoa 3-2 Juventus

(12/04)
Reggina 0-2 Udinese

EPL: MatchDay 32


EPL

(11/04)
Liverpool 4-0 Blackburn
Chelsea 4-3 Bolton
Wigan Athletic 1-4 Arsenal
Portsmouth 2-2 West Bromwich
Sunderland 1-2 Manchester United
Tottenham 1-0 West Ham

Middlesbrough 3-1 Hull
Stoke 1-1 Newcastle

(12/04)
Aston Villa 3-3 Everton
Manchester City 1-3 Fulham

Rabu, 08 April 2009

Barcelona 4-0 Bayern Munchen

Messi Cetak Dua Gol, Barca Hajar Bayern

Dominasi Barcelona dan keterpurukan Bayern Muenchen berlanjut di perempat-final Liga Champions kala kedua tim bertemu.


Champions League: Barcelona -Bayern Munich, Messi (firo)


Barcelona tampil dominan di leg pertama perempat-final Liga Champions, Kamis (9/4) dinihari WIB. Menghadapi raksasa Jerman, Bayern Muenchen, di Nou Camp, Barca menang telak 4-0.

Hasil tersebut melapangkan jalan Barca ke semi-final Liga Champions. Pimpinan sementara La Liga Spanyol itu hanya butuh hasil seri untuk memastikan langkah mereka ke babak empat besar.

Sementara misi Bayern jauh lebih berat dari tujuh tim lain kontestan perempat-final Liga Champions. Tim besutan Juergen Klinsmann itu harus bisa menang, minimal dengan skor 5-0 di leg kedua pekan depan jika ingin lolos.

Jalannya Pertandingan


Bermain di depan pendukungnya sendiri, Barca tampil percaya diri. Lini belakang Bayern Muenchen pun sudah merasakan tekanan pasukan Pep Guardiola sejak peluit dimulainya pertandingan dibunyikan.

Gol pun sudah tercipta ketika pertandingan belum genap berjalan 10 menit. Lionel Messi menjadi pencetak gol pertama Barca setelah tendangannya di menit sembilan, usai menerima sodoran bola dari Samuel Eto'o, merangsek masuk ke gawang Hans Jorg Butt.

Pesta pendukung Barca berlanjut tiga menit berselang. Kali ini, Eto'o yang menjadi pencetak gol tuan rumah dengan Messi sebagai pengumpan. Barca tampak tangguh di pertandingan ini.

Di menit 19, Messi dkk harus bermain tanpa didampingi lagi oleh Pep Guerdiola dari pinggir lapangan setelah pelatih Barca itu diusir keluar oleh Howard Webb karena protesnya.

Namun hilangnya Guardiola tidak membuat tekanan Barcelona menurun. Gol ketiga pun tercipta dan nama Messi kembali muncul di papan skor sebagai pencetak gol.

Penyerang asal Argentina itu berhasil memaksimalkan bola hasil kiriman Thierry Henry untuk menjadikan skor menjadi 3-0 di menit 38.

Namun skor tersebut bukan kedudukan akhir di paruh pertama pertandingan. Adalah Henry yang mengubah skor menjadi 4-0 dua menit jelang turun minum dengan kaki kirinya.

Dominasi Barca berlanjut di paruh kedua. Messi lagi-lagi mengancam lewat tendangan jarak jauh yang masih bisa dihalau Butt.

Bayern memiliki kesempatan pertamanya untuk mencetak gol lewat aksi Ze Roberto. Namun skor 4-0 belum berubah setelah Carles Puyol berhasil memblok sepakan gelandang Bayern asal Brasil itu.

Di menit 78, Andres Iniesta nyaris membuat keunggulan Barca bertambah jika saja bola hasil tendangannya, usai membuat aksi individu ciamik, lebih tepat sasaran.

Di sisa waktu yang ada, Barcelona tak setrengginas sebelumnya. Sementara Bayern tak juga mampu menunjukkan performa terbaik mereka. Skor 4-0 pun bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Susunan Pemain
Barcelona:
1-Victor Valdes; 20-Daniel Alves, 4-Rafael Marquez, 3-Gerard Pique, 5-Carles Puyol; 6-Xavi, 24-Yaya Toure (28-Sergio Busquets 81), 8-Andres Iniesta; 10-Lionel Messi, 9-Samuel Eto’o (11-Bojan Krkic 89), 14-Thierry Henry (15-Seydou Keita 74).

Bayern Muenchen: 22-Hans Joerg Butt; 23-Massimo Oddo, 6-Martin Demichelis, 33-Breno, 30-Christian Lell; 8-Hamit Altintop (16-Andreas Ottl 46), 31-Bastian Schweinsteiger, 17-Mark van Bommel, 15-Ze Roberto (20-Jose Ernesto Sosa 77), 7-Franck Ribery; 9-Luca Toni


Klu mw lihat hasil pertandinganya, dan pertandingan lain Liga Champions,
di Blog ku di sini!!!

Liverpool 1-3 Chelsea

Seru, Chelsea Permalukan Liverpool

Chelsea membuka lebar-lebar peluang lolos ke semi-final Liga Champions usai menaklukkan Liverpool.


CL: Branislav Ivanovic, Liverpool - Chelsea (PA)


Liverpool secara mengejutkan kalah cukup telak dari tamunya Chelsea 3-1 di leg pertama perempat-final Liga Champions, Kamis (9/4) dinihari WIB di Anfield.

Hasil tersebut membuat peluang lolos Liverpool ke semi-final jadi mengecil. Pasalnya hanya dengan kemenangan, minimal, dengan skor 3-0 di leg kedua di Stamford Bridge pekan depan yang bisa mengantarkan mereka meraih satu dari empat tiket yang ditawarkan.

Sebaliknya, Chelsea bisa dibilang sudah mendapat setengah potong dari tiket semi-final Liga Champions musim ini karena kemenangan tersebut. Di leg kedua, Chelsea hanya butuh hasil seri untuk melenggang. Kekalahan 2-0 pun tak menghalangi langkah mereka ke babak empat besar.

Jalannya Pertandingan

Liverpool langsung menekan sejak menit pertama. Sejumlah peluang didapat, namun baru di menit keenam skor berubah.

Adalah Fernando Torres yang membuat Liverpool memimpin. Dia berhasil memaksimalkan umpan silang mendatar Alvaro Arbeloa dan menempatkan bola ke gawang Petr cech.

Semenit kemudian, Didier Drogba mendapat kesempatan menyamakan kedudukan. Namun dia gagal memanfaatkan momen satu lawan satu dengan Pepe Reina setelah tendangannya tepat mengarah ke kiper Liverpool asal Spanyol itu.

Di menit 26, Torres kembali memiliki peluang memperlebar keunggulan timnya. Namun dia gagal menempatkan bola ke sasaran.

Drogba juga demikian. Peluang yang didapatnya di menit 29 tak berhasil dimanfaatkan setelah bola hasil tendangannya melintas di atas mistar gawang Liverpool.

Arbeloa juga tak ketinggalan menguji peruntungannya di menit 35. Hanya saja, bola tendangan melengkungnya kurang tepat sasaran.

Chelsea akhirnya bisa menyamakan kedudukan di menit 39 lewat aksi Branislav Ivanovic. Bek tengah Chelsea itu berhasil menyambut umpan sepak pojok Florent Malouda dengan kepalanya.

Sesaat sebelum turun minum, Dirk Kuyt memiliki kesempatan membawa timnya kembali memimpin. Sayang bola hasil tendangannya masih mengenai kaki Petr Cech.

Di paruh kedua, tensi pertandingan berjalan makin cepat. Kedua tim tampak sama-sama ngotot memenangi laga yang membuat Chelsea dan Liverpool memiliki sejumlah peluang untuk mencetak gol.

Kesempatan matang dimiliki Drogba di menit 51. Berhasil melewati Martin Skrtel, bomber Chelsea itu juga sukses menendang bola mengelabuhi Reina. Namun si kulit bundar tak sampai melewati garis gawang karena berhasil disapu bersih Jamie Carragher.

Torres juga membuang kesempatan menjebol gawang Cech untuk kali kedua di menit 53 setelah bola hasil tendangan kaki kirinya sedikit melebar dari gawang Chelsea.

Di menit 62, Chelsea berhasil membalikkan keadaan. Ivanovic kembali muncul sebagai pencetak skor, juga dengan sundulannya, memaksimalkan buruknya penjagaan lini belakang Liverpool.

Lima menit berselang, Chelsea memperbesar keunggulannya lewat sontekan Drogba yang berhasil menyambut umpan silang mendatar Florent Malouda. 3-1 untuk Chelsea.

Liverpool berusaha mengejar ketertinggalan dua gol mereka di sisa waktu yang ada. Namun ketatnya lini belakang Chelsea membuat usaha tim tuan rumah tak membuahkan hasil. Usaha Chelsea untuk menambah keunggulan mereka juga tak terwujud. Skor 3-1 pun bertahan hingga peluit panjang dibunyikan, dengan kemenangan menjadi milik tim tamu.

Susunan Pemain
Liverpool:
25-Pepe Reina; 17-Alvaro Arbeloa, 37-Martin Skrtel, 23-Jamie Carragher, 12-Fabio Aurelio (2-Andrea Dossena 75); 14-Xabi Alonso, 21-Lucas (19-Ryan Babel 79); 18-Dirk Kuyt, 8-Steven Gerrard, 11-Albert Riera (15-Yossi Benayoun 68); 9-Fernando Torres.

Chelsea: 1-Petr Cech; 2-Branislav Ivanovic, 33-Alex, 26-John Terry, 3-Ashley Cole; 13-Michael Ballack, 5-Michael Essien, 8-Frank Lampard; 21-Salomon Kalou, 11-Didier Drogba (39-Nicolas Anelka 80), 15-Florent Malouda.


Klu mw lihat hasil pertandinganya, dan pertandingan lain Liga Champions,
di Blog ku di sini!!!

Manchester United 2-2 FC Porto

Porto Tahan MU Di Old Trafford

  • FC Porto berhasil mengambil keuntungan di leg pertama perempat-final Liga Champions dengan menahan tuan rumah Manchester United.


CL: Cristian Rodriguez, Manchester United v FC Porto (PA)


FC Porto mengakhiri laga di Old Trafford, Rabu (8/4) dinihari WIB dengan skor 2-2. Adalah Mariano Gonzalez yang menjadi pahlawan Porto di laga ini usai mencetak gol penyama kedudukan di menit-menit akhir pertandingan.

Dengan hasil ini, Porto memiliki peluang lebih besar untuk lolos ke semi-final ketimbang MU. Pasalnya, wakil Portugal itu hanya butuh hasil seri tanpa gol, atau 1-1, untuk bisa melenggang.

Sementara skenario MU jauh lebih sulit. Saat berlaga di Dragao Stadium, minggu depan, Wayne Rooney dkk harus memetik kemenangan.

Tampil di bawah tekanan pendukung tuan rumah, Porto malah tampil lebih dominan di 20 menit pertama. Bahkan pasukan Jesualdo Fereira berulang kali memaksa kiper Edwin Van der Sar beraksi menyelamatkan gawangnya.

Setelah berhasil menghalau tendangan jarak jauh Hulk, Van der Sar akhirnya takluk di menit keempat. Adalah Christian Rodriguez yang menjebol gawangnya lewat tendangan kaki kiri terarah, memaksimalkan kesalahan Jonny Evans menyapu bola.

Penjaga gawang MU asal Belanda itu kembali melakukan penyelamatan penting empat menit berselang dengan menghalau tendangan Lisandro Lopez.

Tuan rumah baru bisa membalas di menit 16. Setelah berhasil mementahkan bola hasil sundulan Cristiano Ronaldo, Helton tak bisa berbuat banyak saat berhadapan satu lawan satu dengan Wayne Rooney, yang juga memanfaatkan blunder Bruno Alves yang terlalu pelan mengirim bola backpass ke kiper Porto asal Brasil itu. Rooney pun mudah mengecoh Helton dan menyarangkan bola ke gawang Porto, sekaligus menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Setelahnya, MU kembali tertekan. Van der Sar, yang kini sudah berusia 39 tahun, dipaksa berjibaku menyelamatkan gawangnya oleh sundulan Rodriguez, tendangan Lisandro Lopez dan heading Hulk. Beruntung Van der Sar masih tampil solid di bawah mistar MU. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Di paruh kedua, MU tampil lebih dominan. Sejumlah kesempatan diperoleh pasukan Alex Ferguson, di antaranya tendangan first time Park Ji Sung, chipped Rooney dan sundulan Nemanja Vidic. Namun Helton masih sigap mengamankan gawangnya.

Van Der Sar juga tak ketinggalan menunjukkan kecemerlangannya menjaga gawang MU. Tendangan kaki kiri Lisandro di menit 67 dan drive keras Aly Cissokho semenit berselang berhasil dimentahkannya.

Di menit 76, Rooney nyaris saja membawa timnya memimpin jika saja berhasil menggapai bola crossing kiriman Gary Neville dengan kepalanya. Semenit kemudian, Lisandro juga kembali memberikan ancaman ke gawang MU lewat tendangan keras dari luar kotak penalti. Bola masih mengarah ke dekapan Van der Sar.

Di menit 84, MU akhirnya bisa mencetak gol lagi. Berawal dari lemparan ke dalam Neville, Rooney yang mendapat bola langsung menyodorkan si kulit bundar kepada Carlos Tevez dengan backheel yang langsung dicocor masuk oleh bomber asal Argentina itu.

Namun skor 2-1 bukanlah hasil akhir pertandingan ini. Mariano Gonzalez yang masuk di babak kedua berhasil menjebol gawang Van der Sar satu menit jelang bubaran lewat sontekannya. Ketika peluit panjang dibunyikan, skor 2-2 tetap bertahan.

Susunan Pemain:

Manchester United (4-5-1): Van der Sar; O'Shea, Evans (Neville 72), Vidic, Evra; Ronaldo, Carrick, Scholes (Tevez 72), Park (Giggs 59); Fletcher, Rooney.

Porto (4-3-3): Helton; Sapunaru, Rolando, Bruno Alves, Cissokho; Meireles (Mariano Gonzalez 80), Fernando, Lucho Gonzalez; Cristian Rodriguez (Costa 80), Hulk, Lisandro Lopez.




Klu mw lihat hasil pertandinganya, dan pertandingan lain Liga Champions,
di Blog ku di sini!!!

Villarreal 1-1 Arsenal

Villarreal Kontra Arsenal Berakhir Imbang

  • Arsenal memiliki kesempatan yang lebih besar untuk lolos ke semi-final Liga Champions usai menahan imbang Villarreal di El Madrigal.


Champions League: Marcos Senna, Samir Nasri, Villarreal-Arsenal (PA)


Tertinggal lebih dulu lewat gol spektakuler Marcos Senna, Arsenal berhasil membalas gol Villarreal di babak kedua dan mengakhiri laga dengan skor 1-1.

Dengan hasil pertandingan yang dilangsungkan di kandang Villarreal, Rabu (8/4) dinihari WIB itu, Arsenal memiliki kesempatan lebih besar untuk melenggang ke semifinal.

Di leg kedua di Emirates Stadium, pekan depan, Arsenal hanya butuh hasil minimal seri tanpa gol untuk lolos. Sementara Villarreal butuh kemenangan, atau hasil seri minimal 2-2 untuk bisa meraih satu tiket ke babak empat besar.

Tampil di hadapan pendukungnya sendiri yang memadati El Madrigal, Villarreal langsung menekan pertahanan Arsenal. Peluang pertama didapat Fernando Llorente yang masih bisa digagalkan Manuel Almunia di menit keempat.

Namun pada akhirnya kiper The Gunners asal Spanyol itu takluk di menit ke-10. Adalah Marcos Senna yang menaklukkan Manuel Almunia lewat tendangan jarak jauhnya. Penjaga gawang Arsenal asal Spanyol itu pun tak bisa berbuat banyak menyelamatkan gawangnya.

Arsenal pun bangkit menyerang. Dari proses tendangan sudut di menit 19, Johan Djorou mendapat kesempatan menyamakan kedudukan jika saja bola sundulannya tidak ditepis Diego Lopez.

Senna kembali memberikan shock therapy pada barisan belakang Arsenal lewat tendangan kerasnya. Beruntung bagi tim tamu, tendangan gelandang bertahan Villarreal itu masih bisa dimentahkan oleh Lukas Fabiansi yang masuk menggantikan Almunia yang mengalami cedera di menit 24.

Penjaga gawang nomor dua Arsenal itu juga sukses menghalau tendangan Joan Capdevila yang memaksimalkan bola rebound sepakan jarak jauh Senna itu.

Arsenal sempat mencetak gol di masa injury time lewat tendangan bebas Cesc Fabregas. Namun gol tersebut dianulir wasit Tom Henning Ovrebo yang menilai gelandang Arsenal itu menendang sebelum ada aba-aba darinya. Selain gol dianulir, Fabregas juga mendapat kartu kuning atas keterburu-buruannya itu. Skor 1-0 untuk Villarreal bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Arsenal bangkit menyerang. Hasilnya gol penyama kedudukan pun tercipta di menit 66. Adalah Emmanuel Adebayor yang menjadi penyama kedudukan lewat tendangan gunting yang gagal dihalau Diego Lopez.

Mendapat momen positif, Arsenal terus menekan pertahanan Villarreal. Akan tetapi sejumlah kesempatan yang diperoleh Samir Nasri di menit 69 dan Theo Walcott di menit 77 gagal menemui sasaran.

Usaha kedua tim menjebol gawang lawan terus dilakukan. Namun hingga berakhirnya waktu normal 90 menit plus injury time, skor 1-1 tetap bertahan.

Susunan Pemain:
Villarreal (4-4-2): Diego Lopez; Angel, Godin, Gonzalo, Capdevila; Cani (Fernandez 47), Senna, Eguren, Ibagaza (Franco 77); Llorente (Pires 69), Rossi.

Arsenal (4-5-1): Almunia (Fabianski 26); Sagna, Toure, Gallas (Djourou 42), Clichy; Walcott (Eboue 77), Denilson, Fabregas, Song, Nasri; Adebayor.


Klu mw lihat hasil pertandinganya, dan pertandingan lain Liga Champions,
di Blog ku di sini!!!

League Champions 08/09

Semifinal League Champions 08/09

leg 1
(06/04)
Manchester United 2-2 FC Porto
Villarreal 1-1 Arsenal

(07/04)
Liverpool 1-3 Chelsea
Barcelona 4-0 Bayern Munchen

Sabtu, 04 April 2009

Hasil-hasil Premier League

Round-Up Liga Primer Inggris: Benayoun Jaga Peluang Liverpool

  • Gol Yossi Benayoun persis pada pengujung pertandingan membuat Liverpool tetap berpeluang dalam perebutan gelar juara Liga Primer Inggris.



EPL: Steven Gerrard - Danny Murphy, Fulham - Liverpool (PA)


Arsenal 2-0 Manchester City
Emmanuel Adebayor sukses menginspirasi kemenangan Arsenal atas City.

Delapan menit pertandingan berjalan, striker asal Togo itu menyundul umpan tendangan bebas Cesc Fabregas. Aksi tersebut menandakan partai pertama Fabregas usai pulih dari cedera panjangnya. Selain Fabregas, Arsene Wenger juga sudah memainkan Theo Walcott.

Kehandalan Fabregas kembali ditunjukkan pada menit ke-48 ketika memberi umpan manis kepada Adebayor untuk mencetak gol kedua.

Penampilan City tak banyak mengancam gawang Manuel Almunia hingga usai pertandingan. Kini, Arsenal mencetak rekor 17 pertandingan tanpa terkalahkan.

Bolton Wanderers 4-1 Middlesbrough
Perjuangan Boro lepas dari ancaman degradasi mendapat pukulan telak di stadion Reebok.

Kevin Davies mencetak gol pada menit ketujuh, sekaligus golnya yang ke-12 di liga musim ini, memanfaatkan umpan silang Ricardo Gardner.

Boro bangkit dan mampu membalas melalui Gary O'Neill, delapan menit sebelum jeda. Namun, pasukan Gareth Southgate kembali tertinggal pada menit ke-42 setelah Gary Cahill menuntaskan set-piece tendangan bebas Matt Taylor.

Babak kedua menjadi milik Bolton. Dua gol tambahan diciptakan melalui kontribusi Taylor. Pada menit ke-78, pemain tengah Bolton itu mencetak gol kesembilannya musim ini di liga melalui tendangan bebas. Enam menit kemudian, Taylor kembali membuat Boro menderita setelah melepas umpan yang dioptimalkan Gardner menjadi gol.

Posisi Boro tak beranjak dan hanya berselisih tiga poin dari dasar klasemen.

Hull City 0-0 Portsmouth
Hull dan Portsmouth berbagi poin untuk menyelamatkan diri dari degradasi.

Bek Portsmouth Glen Johnson dikartumerah menjelang akhir pertandingan usai benturan dengan Dean Marney. Kesempatan emas menciptakan gol diraih Hull ketika Craig Fagan melepas sundulan keras, tapi mampu dihadang David James.

Kedua tim masih berjarak masing-masing lima dan empat poin dari zona merah.

Newcastle United 0-2 Chelsea
Chelsea merusak debut Alan Shearer sebagai manajer baru Newcastle.

Kesalahan Fabricio Coloccini pada menit ke-56 membuat Frank Lampard leluasa mengumpan bola kepada Nicolas Anelka. Tendangan striker Prancis itu masih membentur tiang, tapi bola muntah diceploskan Lampard ke gawang kosong.

Pasukan Guus Hiddink pun leluasa mengembangkan permainan. Hasilnya, Florent Malouda memperbesar keunggulan tim tamu pada menit ke-65. Lagi-lagi berkat kerja keras Lampard.

Hasil ini membuat Newcastle masih terancam dari jeratan degradasi.

West Bromwich Albion 0-2 Stoke City
Tampaknya kian sulit bagi West Brom untuk lolos dari ancaman degradasi.

Bertanding di kandang sendiri, West Brom digusur sesama tim promosi, Stoke, melalui gol-gol Ricardo Fuller dan James Beattie.

Fuller memberi awal yang baik bagi tim tamu ketika pertandingan baru berjalan dua menit. Stoke kembali unggul cepat pada awal pertandingan pada babak kedua setelah dalam empat menit Beattie sukses menggandakan keunggulan.

Hasil ini merupakan kemenangan tandang pertama Stoke di kompetisi papan atas sejak menang atas Luton Town pada 1984.

West Ham United 2-0 Sunderland
West Ham kian mendapat dorongan semangat untuk menembus kompetisi Eropa musim depan.

Dua gol Junior Stanislas dan James Tomkins memberi manajer Gianfranco Zola di ambang sukses pada musim pertamanya di Upton Park. Stanislas, yang tampil sebagai pemain inti untuk kali pertama, mencetak gol dua menit sebelum jeda setelah menerima umpan dari Luis Boa Morte.

Delapan menit setelah jeda, Hammers memperbesar keunggulan setelah tendangan bebas Mark Noble disundul Tomkins menjadi gol pertamanya untuk klub.

Hammers kini duduk di posisi ketujuh klasemen dengan raihan 44 poin.

Fulham 0-1 Liverpool
Datang pada saat yang menentukan.

Gol Yossi Benayoun pada injury time pertandingan mengembalikan Liverpool ke puncak klasemen -- setidaknya hingga pertandingan Manchester United versus Aston Villa, Minggu (5/4) esok.

Setidaknya tiga peluang Reds melalui Fernando Torres, Xabi Alonso, dan Andrea Dossena membentur mistar gawang pada babak pertama. Untunglah, Benayoun, yang masuk sebagai pemain pengganti, mampu menjalankan tugas dengan mencetak gol dramatis untuk membawa pulang tiga poin yang dibutuhkan.

Malaga 0-1 Real Madrid

Madrid Masih Kejar Barça

  • Seakan tak mau kalah dengan Samuel Eto'o, Gonzalo Higuain memberikan gol kemenangan untuk menjaga jarak Real Madrid dalam perebutan gelar juara Primera Liga Spanyol.



Calleja, Higuain, Welington, Malaga-Real Madrid (MARCA)



Real Madrid tetap menghadirkan tekanan kepada Barcelona berkat kemenangan tipis 1-0 di kandang Malaga.

Jeda internasional tak hanya mengganggu penampilan Barcelona, tapi juga Madrid. Tim ibukota Spanyol ini kesulitan menemukan ritme permainan sejak kick-off. Penampilan Malaga juga tidak dapat dibilang menarik sehingga membuat babak pertama berjalan stagnan.

Dua peluang Malaga melalui Duda dan Adrian mengarah tepat ke Iker Casillas, sedangkan peluang Madrid melalui Gonzalo Higuain dan Wesley Sneijder belum tepat sasaran. Sneijder bahkan seharusnya berpeluang mendapat kartu kuning kedua setelah menyentuh bola dengan tangan, tapi wasit tak memberikannya.

Satu momen pada babak kedua mengubah hasil pertandingan. Empat menit pasca-jeda, Higuain menggiring bola dari wilayah pertahanan sendiri tanpa hadangan berarti hingga kotak penalti lawan. Berhadapan langsung dengan kiper Inaki Goitia, striker Argentina itu melepas tendangan mendatar ke tiang jauh untuk mengoyak jala gawang tuan rumah.

Malaga mencoba mengendalilkan permainan. Niat Madrid ditunjukkan pelatih Juande Ramos dengan menggantikan Klaas-Jan Huntelaar untuk memainkan Javi Garcia. Keunggulan harus dipertahankan untuk menjaga jarak dengan Barcelona.

Madrid hanya mengandalkan serangan balik, tapi tetap mampu mengancam gawang Goitia. Sebuah peluang Sergio Ramos secara spektakuler dimentahkan sang kiper. Dua peluang lain melalui Higuain juga dapat disterilkan Goitia untuk menjaga gawangnya kebobolan lebih banyak.

Upaya Malaga mencari gol balasan tidak berbuah hingga akhir pertandingan. Madrid pun mempertahankan selisih enam poin dari Barcelona di puncak klasemen Primera Liga Spanyol.

Susunan pemain:
Malaga
Goitia; Gaspar, Gamez, Wellington, Calleja; Apono, Lolo; Eliseu / Luque (55'), Baha / Salva (65'), Duda (Nacho 80'); Adrian.
Madrid Casillas; Ramos, Pepe, Metzelder, Torres; Higuain, Gago, Sneijder / Parejo (85'), Van der Vaart / Drenthe (89'); Raul, Huntelaar / Javi Garcia (65').



Klu mw lihat hasil pertandinganya, dan pertandingan lain La Liga,
di Blog ku di sini!!!

La Liga: Jornada 29




(04/04)
Recreativo 0-1 Sevilla
Valladolid 0-1 Barcelona
Almeria 3-0 Villarreal
Athletic Bilbao 2-1 Mallorca
Betis 3-3 Numancia
Malaga 0-1 Real Madrid

(05/04)
Espanyol 3-1 Deportivo
Valencia 4-1 Getafe
Sporting de Gijon 0-2 Racing
Atletico de Madrid 2-4 Osasuna

EPL: MatchDay 31


EPL


(04/04)
Blackburn 2-1 Tottenham
West Ham 2-0 Sunderland
Arsenal 2-0 Manchester City
Bolton 4-1 Middlesbrough
West Bromwich 0-2 Stoke
Hull 0-0 Portsmouth
Newcastle 0-2 Chelsea
Fulham 0-1 Liverpool

(05/04)
Everton 4-0 Wigan Athletic
Manchester United 3-2 Aston Villa

Serie A: Giornata 30

Serie A

(05/04)

Atalanta 1-2 Fiorentina
Sampdoria 2-2 Napoli
Palermo 1-0 Torino
Reggina 0-1 Genoa
Juventus 3-3 Chievo
AS Roma 2-1 Bologna
Cagliari 1-0 Catania
Siena 2-0 Lazio
Udinese 0-1 Inter
Milan 2-0 Lecce

Rabu, 01 April 2009

Hasil

Brasil Menang Mudah, Paraguay, Uruguay Tertahan

  • Dua gol dari Luis Fabiano menjadi bukti ketangguhan tim Samba atas Peru yang gagal memberikan perlawanan berarti.


Brazil


Tambahan satu gol dari gelandang Fiorentina Felipe Melo memastikan kemenangan tuan rumah 3-0, sekaligus membawa Brasil naik ke peringkat kedua dengan total 21 poin dari 12 pertandingan dan memperkecil jarak menjadi tiga poin dengan Paraguay.

Sedangkan Peru, yang hanya mengumpulkan tujuh poin, semakin terjerembab di juru kunci klasemen sepuluh tim itu dan harapan mereka untuk mengakhiri penantian 24 tahun tampil di Piala Dunia seakan sirna.

Tidak dipanggilnya Claudio Pizzaro dan Jefferson Farfan oleh pelatih Jose del Solar membuat Brasil berhasil mematahkan catatan hasil imbang tanpa gol dalam tiga pertandingan kandang di kualifikasi Piala Dunia 2010 terakhir.

Luis Fabiano mencetak gol pembuka dari titik putih pada menit ke-18 setelah Kaka dilanggar Carlos Zambrano di kotak terlarang, dan gol kedua tampaknya tingga menunggu waktu.

Sembilan menit kemudian Luis Fabiano menggandakan keunggulan, sebelum Felipe Melo melakukan penyelesaian akhir dengan tenang pada menit ke-64.

Gawang kiper Brasil Julio Cesar hanya terancam satu kali saat kiper Inter itu menepis tendangan Alexander Sanchez yang akhirnya membentur mistar gawang.

Pada pertandingan lain, pemain pengganti Edgar Benitez mencetak gol di menit kedua injury-time untuk menyelamatkan satu angka bagi pimpinan klasemen Paraguay saat menahan tuan rumah Ekuador 1-1, meski tim tamu itu bermain dengan sepuluh orang.

Sebelumnya, Cristian Noboa juga bangkit dari bangku cadangan untuk mencetak gol melalui sundulannya pada menit ke-64, dan harapan Paraguay untuk mencuri poin diganggu oleh kartu merah Paulo Da Silva.

Sementara itu, Cile memanfaatkan keuntungan sebagai tuan rumah saat menahan imbang tanpa gol Uruguay, meski tuan rumah bermain dengan satu pemain lebih sedikit selama hampir satu jam akibat kartu merah yang diterima Mauricio Isla.

Uruguay menyerang penuh di babak kedua, dan bahkan menurunkan empat penyerang sekaligus, namun gagal memecahkan kebuntuan.

Dengan hasil ini, Cile tetap berada di empat tim teratas yang akan lolos ke Piala Dunia 2010 dengan 20 poin, sementara Uruguay tertinggal tiga poin di peringkat kelima.

Bolivia 6-1 Argentina

La Paz Musnahkan Tango

  • Kegemilangan Argentina saat melibas Venezuela akhir pekan lalu bak lenyap tak berbekas di La Paz. Tuan rumah Bolivia melibas Tango, 6-1!


Joaquin Botero - Bolivia

Bukan April Mop bagi Diego Maradona.

Legenda Argentina itu harus menguatkan hatinya setelah diremukkan Bolivia 6-1 di La Paz dalam pertandingan kedua kompetitifnya sebagai pelatih Albiceleste.

Bolivia tampil penuh semangat untuk merebut kemenangan di kandang sendiri dan mereka ternyata mampu melakukannya dengan gemilang.

Marcelo Moreno sudah merepotkan Juan Pablo Carrizo pada menit kelima. Namun, enam menit kemudian, Carrizo harus menyerah kepada aksi kedua Moreno berkat sebuah tembakan yang terukur.

Tanda-tanda keterpurukan Argentina sebenarnya sudah dimulai. Beberapa menit kemudian tendangan jarak jauh Didi Torrico menghantam mistar sekaligus mengejutkan Carrizo.

Pada menit ke-24, tim tamu mampu keluar dari tekanan dan mencetak gol penyeimbang melalui upaya Luis Gonzalez.

Pertandingan berkembang kian menarik. Gol berikutnya kembali diciptakan pemain tuan rumah. Kali ini Joaquin Botero (foto) masuk dalam daftar pencetak gol begitu sukses menuntaskan penalti yang diberikan akibat pelanggaran yang dilakukan Javier Zanetti.

Belum selesai. Bolivia memperlebar jarak sesaat sebelum jeda. Umpan silang Botero dimanfaatkan Alex da Rosa untuk menjadi gol.

Botero kembali meluluhlantakkan pertahanan Argentina pada menit ke-54 ketika mencetak gol melalui sundulan dari sudut sempit.

Keadaan kian buruk bagi Argentina ketika pemain pengganti Angel di Maria, yang baru sebentar menginjakkan kaki di atas lapangan, dikartumerah akibat melakukan pelanggaran serius.

Bolivia terus mendominasi. Botero pun sukses menciptakan hattrick fenomenal dengan memanfaatkan kelengahan pertahanan Argentina. Gol tercipta pada menit ke-65.

Pesta Bolivia dilengkapi Torrico, empat menit jelang usai, melalui tendangan terarah dari luar kotak penalti.

Peluit panjang wasit pada akhir pertandingan tidak mampu menyelamatkan Argentina dari kekalahan terbesar sepanjang sejarah.

Susunan pemain:
Bolivia
Arias; Ribeiro, Reyes / Garcia (54'), Rivero, Pena; Torrico, Da Rosa / Saucedo (68'), Garcia / Flores (78'), Reyes; Botero, Moreno.
Argentina Carrizo; Zanetti, Heinze, Papa, Demichelis; Rodriguez / Di Maria (56'), Mascherano, Gonzalez / Angeleri (68'), Gago; Messi, Tevez / Montenegro (75').